PENGEMBANGAN MEDIA KARTU TRUTH OR DARE PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MATERI HAK DAN KEWAJIBAN KELAS IV SD N KEMBANGARUM 02
Abstract
Media pembelajaran menjadi salah satu permasalahan yang sering ditemui dalam proses pembelajaran terutama di tingkat sekolah dasar. Adanya keterbatasan media pembelajaran yang mengakibatkan peserta didik menjadi bosan dan malas untuk mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran kartu Truth Or Dare yang dapat digunakan oleh peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji tingat kevalidan dan kepraktisan media tersebut melalui validasi ahli dan angket respon. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yakni analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan teknik wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa media yang dihasilkan yakni media kartu Truth Or Dare pada pembelajaran Pendidikan Pancasila materi Hak dan Kewajiban. Berdasarkan uji kevalidan media mendapatkan skor rata rata 95% dengan kualifikasi “sangat valid” dan uji kevalidan materi mendapatkan skor rata rata 79% dengan kualifikasi “valid” serta hasil uji kepraktisan mendapatkan skor rata rata 98% dengan kategori “sangat praktis”.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Depdiknas. (2003). Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.
Epriliana Rifanty. (2019). Peningkatan Keaktifan Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Peserta Didik Kelas VB SD Muhammadiyah Condongcatur. Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), ISSN 2356-3869, 2614–0136.
Ertikanto, Candra. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Media Akademi.
Hadad, M. K., Kartinah, K., Pramasdyahsari, A. S., & Istikomah, A. (2023). Pengembangan Media Hampers Asean pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas 6 SD Supriyadi Semarang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 4390-4396.
Herliani. (2016). Penggunaan Taksonomi SOLO (Structure of Observed Learning Outcomes) pada Pembelajaran Kooperatif Truth or Dare dengan Quick on the Draw untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Siswa pada Biologi SMA. E-Journal UNS: Prosiding Konferensi Pendidikan Biologi Universitas Negeri Sebelas Maret, 13(1), 232-236. http://dx.doi.org/10.26555/jpsd
Japar, Muhammad., dkk. (2019). Media Dan Teknologi Pembelajaran PPKn. Surabaya: CV. Jakad.
Laksono, Yustinus Setio, Ariyanti, G., & Santoso, F. G. I. (2016). Hubungan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Menggunakan Komik. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 1(2), 60–64. https://doi.org/10.25273/jems.v1i2.143.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187Japar, Muhammad., dkk. (2019). Media Dan Teknologi Pembelajaran PPKn. Surabaya: CV. Jakad.
Permana, A., & Rochmawati, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Truth and Dare Pada Mata Pelajaran Akuntansi Dasar Kelas X Akuntansi Di SMK Negeri 1 Sambeng Lamongan. Oikos: Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Ekonomi, 4(2), 162-167.
Riani, R. P., Huda, K., & Fajriyah, K. (2019). Pengembangan media pembelajaran tematik “fun thinkers book” tema berbagai pekerjaan. Jurnal Sinektik, 2(2), 173-184.
Sagala, A. F. H., Mariani, M., & Mansyur, A. (2023). Pengembangan Media Truth or Dare Berbasis Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis dan Motivasi Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 11 Medan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1571-1581.
Sari, A. P., Mashari, A., & Qomario, Q. (2020). PENGARUH MEDIA KARTU TRUTH OR DARE TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn). AHSANTA JURNAL PENDIDIKAN, 6(1), 25-32.
Wahono, Sa’ada, N., & Kurniawati, T. (2017). Pembelajaran Interaktif Media Film Pendek. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(3), 198–211. https://core.ac.uk/download/pdf/229569990.pdf.
DOI: https://doi.org/10.26877/cm.v3i2.20659
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Rahma Okta Nugraheni, Kartinah Kartinah, Khusnul Fajriyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright of Jurnal Cerdas Mendidik
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang
Dr. Siti Patonah, M.Pd.
Phone. +62 81326274259
Email: [email protected]