Peranan Customer Service dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai
Abstract
Sebagai bentuk perwujudan atas pertumbuhan ekonomi Indonesia, diperlukan sebuah bandar udara guna untuk mempermudah segala proses kegiatan pariwisata dan perekonomian di Indonesia. Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai merupakan salah satu bandara terbesar di Bali dengan rata-rata penerbangan sebanyak 165.000 per tahun dan 20-25 juta penumpang pertahun. Namun, pada tahun 2021 saat pandemic Covid-19 mencuat Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai menghentikan sementara penerbangan internasional. Dengan adanya hal ini, tentu akan mempengaruhi peran customer service sebagai wajah utama bandara dalam memenuhi kepuasan konsumen melalui kualitas pelayanan yang diberikan. Tujuan laporan ini dibuat adalah untuk mengetahui bagaimana peran dan kualitas layanan customer service dalam mempengaruhi dan meningkatkan adanya kepuasan konsumen pada Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Customer service menjalankan perannya dengan melayani cases, problem dan laporan dari penumpang dengan tingkatan cases ringan, sedang hingga berat. Memberikan good customer experience dapat menunjukkan bahwa kualitas layanan customer service memuaskan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Airport Council Internasional. (2022). Tersedia secara online di https://id.m.wikipedia.org/wiki/Airports_Council_Internasional. Diakses pada tanggal 30 Agustus 2022.
Bali Airport. (2022). Naik 3% Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali Tahun 2021 Layani 3,7 Juta Penumpang Domestik. Tersedia secara online di https://bali-airport.com/en/news/index/naik-3-bandara-internasional-i-gusti-ngurah-rai-bali-tahun-2021-layani-3-7-juta-penumpang-domestik. Diakses pada tanggal 20 Agustus 2022.
Board Of Manual Pelayanan Informasi Bandara. (2017). Airport Operation And Service Departement.
Fachrul, A. dkk. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Makassar Jeans House Kota Palu. Cendrawasih: Journal of Administration and Management Public Liberation.
Fandy, T. (2006). Manajemen Jasa. Yogyakarta: ANDI 2006, h.58.
Kotler, P., Kevin, L.K. (2008). Manajemen Pemasaran, Terjemahan: Bob Sabran. Edisi 13 Jilid 1. Erlangga, Jakarta.
Laporan Kinerja Kementrian Pariwisata. (2019). Tersedia secara online https://eperformance.kemenparekraf.go.id/storage/media/378/LAKIP-Kemenpar-2019.pdf. Diakses pada tanggal 29 Agustus 2022.
Pengertian Customer Service Menurut Para Ahli, Tugas dan Persyaratannya. https://www.ngobrolbisnis.id/pengertian-customer-service-menurut-para-ahli/. Diakses pada tanggal 21 Agustus 2022.
Profil INACA. https://inaca.or.id. Diakses pada tanggal 29 Agustus 2022.
Ramdhani, M.A., Ramdhani, A., & Kurniati, D.M. (2011). The Influence of Service Quality toward Customer Statisfaction of Islamic Sharia Bank. Australian Journal of Basic and Applied Sciences, 5(9), 1099-1104.
Salesforce. (2021). Tersedia secara online di https://id.wikipedia.org/wiki/Salesforce.com. Diakses pada tanggal 31 Agustus 2022.
Sukmadinata, N.S. (2017). Metode Penilitian pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, hl.72
Yakup, A. (2022). Pengaruh Sektor Pariwisata Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia. Universitas Airlangga.
Yulia, E. (2017). Peranan Customer Service Dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah Pada PT. BPRS Safir Bengkulu. Jurnal Skripsi. IAIN Bengkulu: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam http://repository.iainbengkulu.ac.id/3025/1/Yulia%20Ellawati.pdf.
https://bali.bps.go.ig/dynamictable/2020/03/20/225/banyaknya-pesawat-terbang-dan-arus-penumpang-pada-bandar-udara-ngurah-rai-1996-2019. Diakses pada tanggal 20 Agustus 2022,
http://hubud.dephub.go.id/hubud/website/Bandara.php. Di akses pada tanggal 21 Agustus 2022.
DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v14i3.13113
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:
E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.