Pengembangan Kompetensi Keahlian Desain Game bagi Siswa SMA dan SMK di Cimahi Technopark

Irvan Satrya Prana, Suryadi Suryadi, Andi Suryadi

Abstract


Tantangan yang dituntut oleh era digital mengharuskan sumber daya manusia untuk menguasai berbagai keahlian dalam bidang industri kreatif. Game merupakan salah satu produk yang memiliki prospek bagus dalam jangka waktu panjang. Penelitian ini merupakan bentuk implementasi program pengembangan kompetensi keahlian yang bertujuan untuk meningkatkan skill dalam merancang game. Pendekatan penelitian dilakukan dengan metode case study yang menitikberatkan pada serangkaian proses problem-solving dan pengembangan media. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode yang di terapkan efektif untuk dapat menjadi model dalam pengembangan kompetensi keahlian serupa. Luaran penelitian berupa karya game yang berjumlah sebanyak lima belas karya. Diharapkan dengan selesainya penelitian ini dapat menjadi landasan bagi para peserta guna menghadapi tantangan industri khususnya game.


Keywords


pengembangan kompetensi keahlian; desain game; edukasi; cimahi technopark

Full Text:

PDF

References


Asropi. (2016). Metode Studi Kasus-Teaching Case. Slideshare. Diakses dari laman: https://www.slideshare.net/AsropiDr/metode-studi-kasusteaching-case 20 September 2022.

Departemen Perdagangan Republik Indonesia. (2009). Pengembangan Ekonomi. Kreatif Indonesia 2025, Jakarta: Departemen Perdagangan Republik Indonesia.

Dubois, D.D., & Rothwell, W.J. (2004). Competency – Based Human Resources Management. Palo Alto, Cal.: Davies Black Publishing.

Fullerton, Tracy. (2008) Game Design Workshop A Playcentric Approach to Creating Innovative Games 2nd Edition. united states: Elsevier Inc.

Sanghi, S. (2007). The Handbook of Competency Mapping: Understanding, Designing and Implementing Competency Models in Organization. London: Sage Publication.




DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v15i1.14397

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Barcode ISSN Jurnal E-Dimas:

p-ISSN                               e-ISSN

         

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

         

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.