Pelatihan dan Pendampingan Keuangan dan Akuntansi EMKM (Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah) dan BUMDES (Badan Usaha Milik Desa) di Wilayah Ciganitri dan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung

Koenta Adji Koerniawan, Dewa Putra Krishna Mahardika, Ali Riza Fahlevi

Abstract


Pengusaha EMKM (Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah) dan BUMDES (Badan Usaha Milik Desa) yang memiliki usaha home industri garmen, perdagangan, dan jasa persewaan, di wilayah Ciganitri dan Dayeuhkolot, tidak memahami apa dan bagaimana laporan keuangan disajikan sesuai standar. Implikasinya, mereka tidak dapat menyajikan laporan keuangan, sehingga penilaian kinerja keuangannya gagal dilakukan, termasuk pelaporan perpajakannya. Kegiatan ini diikuti oleh 25 orang peserta dari berbagai unit usaha EMKM dan BUMDES. Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk membantu entitas EMKM dan BUMDES memahami keuangan dasar dan mensosialisasikan penggunaan aplikasi akuntansi si Apik dan SIABDES untuk penyusunan laporan keuangan sesuai dengan standar akuntansi keuangan (SAK) EMKM. Identifikasi masalah, yang merupakan tahapan kegiatan Abdimas yaitu kegiatan survei pendahuluan di lokasi, kegiatan sosialisasi dan pelatihan, FGD pasca pelatihan serta asesmen, untuk mengukur pencapaian hasil dari abdimas. Hasil yang diperoleh menunjukkan peningkatan pemahaman peserta Abdimas yang dapat mulai menerapkan aplikasi akuntansi si Apik atau SIABDES untuk tujuan penyusunan dan penyajian laporan keuangan mereka sesuai standar, sehingga kewajiban mereka dalam mewujudkan transparansi dan akuntabilitas dapat dibantu diwujudkan.

Keywords


EMKM; BUMDES; laporan keuangan; SAK; aplikasi akuntansi

Full Text:

PDF

References


Fahmi, I. (2016). Manajemen Keuangan dan Praktis Penerapannya. Bandung: Alfabeta.

Hidayah, N. (2017). Peningkatan Efisiensi Pencatatan Akuntansi UKM Melalui Pemanfaatan Sistem Informasi Akuntansi. Jurnal Ekonomi Kuantitatif Terapan, 10(1), 53-62.

Koerniawan, K. A., Afiah, N. N., Sueb, M., & Suprijadi, J. (2022). Fraud Deterrence: The Management's Intention In Using FCP. Quality-Access to Succes, 23(190).

Koerniawan, K. A., & Triyanto, D. N. (2023, March). Sosialisasi Desa Digital dan Pengembangan BUMDES Melalui Arsitektur Infrastruktur dan Sistem Informasi yang Terintegrasi Dengan Pemerintah Daerah di Pemerintah Daerah Kabupaten Malang. In Prosiding COSECANT: Community Service and Engagement Seminar (Vol. 2, No. 2).

Mardiasmo. (2018). Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta: Andi Offset.

Nurhayati, S., & Munawaroh, S. (2019). Peningkatan Kapabilitas UKM melalui Penerapan Sistem Akuntansi Berbasis Komputer. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 59-66.

Sari, R. S., & Solihah, A. (2019). Peran Konsultan Pajak dalam Meningkatkan Perekonomian UKM di Era Digital. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 34-41.

SEKNEG. (2008). Undang-Undang No.20 Tahun 2008. Undang-Undang No.20 Tahun 2008 tentang UMKM. Jakarta, Indonesia.

Sidik, H. (2020). Meningkatkan Peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sebagai Penggerak Ekonomi dan Pedesaan Di Desa Langensari. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1). Retrieved from https://jurnal.unpad.ac.id/pkm/article/view/26518

Suhardjanto, D. (2016). Praktis Belajar Akuntansi UKM. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).




DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v15i1.15571

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Barcode ISSN Jurnal E-Dimas:

p-ISSN                               e-ISSN

         

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

         

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.