Pendampingan Operasi dan Pemeliharaan Alat Hidrologi di Stasiun Klimatologi Bendung Lakitan

Ratih Baniva, Ghina Amalia, Sri Parwanti, Eka Haryati Yuliany, Mohamad Anugrah Trikarno

Abstract


Kelengkapan data hidrologi yang akurat diperlukan adanya program operasi dan pemeliharaan alat hidrologi secara menyeluruh dengan pemantauan secara langsung ke stasiun klimatologi secara rutin sehingga diharapkan dapat menginventarisasi alat yang masih berfungsi dan yang berkendala bertujuan informasi data yang didapatkan dapat tetap tepat dan benar. Pihak petugas pos klimatologi diharapkan memantau alat-alat hidrologi yang ada di pos klimatologi secara rutin dan berkala. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pendampingan operasi dan pemeliharaan alat hidrologi pada stasiun klimatologi Bendung Lakitan kabupaten Musi Rawas agar dapat menginventarisasi dan monitoring terhadap alat hidrologi berdasarkan kondisinya. Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat ini bertempat di Desa Selangit Kabupaten Musi Rawas. Tahapan pelaksanaan pada kegiatan Pengabdian pada Masyarakat pada Stasiun Klimatologi Bendung Lakitan dimulai dari tahap Persiapan, survei lapangan, pengisian formulir inspeksi terkait kondisi fisik alat hidrologi yang ada di pos/stasiun. Kegiatan ini dimulai tanggal 9 Oktober-13 Oktober 2023. Hasil dari pengabdian masyarakat ini dapat dilihat pengoperasian alat hidrologi pada stasiun klimatologi Bendung Lakitan Kabupaten Musi Rawas kondisi semua alat berfungsi dengan baik sehingga data yang dihasilkan lengkap dan pemeliharaan alat hidrologi pada stasiun klimatologi Bendung Lakitan Kabupaten Musi Rawas dilakukan pendampingan kalibrasi secara berkala.


Keywords


bendung lakitan; hidrologi; monitoring; klimatologi

Full Text:

PDF

References


Tyas, I. (2015). Sumber Daya Alam & Sumber Daya Manusia untuk Pembangunan Ekonomi Indonesia. Forum Ilmiah, 12(1).

Dinas Pekerjaan Umum. (2015). Prosedur dan Instruksi Kerja Survei Penempatan dan Pembangunan Pos Hidrologi. Departemen Pekerjaan Umum. Jakarta: Direktorat Jenderal Sumber Daya Air.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. (2023). Supervisi Pembangunan Pintu Regulasi Bendungan Tapin. 1 Dokumen; 1 Dokumen; Nf; K; Syc. Banjarmasin, Kalimantan Selatan.




DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v15i1.15585

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Barcode ISSN Jurnal E-Dimas:

p-ISSN                               e-ISSN

         

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

         

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.