Sosialisasi dan Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis Teknologi Informasi bagi Pelaku UMKM di Desa Belatungan, Pupuan, Bali

Putu Sukma Kurniawan

Abstract


Kegiatan pengabdian ini difokuskan pada sosialisasi dan pelatihan penyusunan laporan keuangan berbasis teknologi informasi bagi usaha kecil dan menengah. Pelaku usaha kecil dan menengah di Desa Belatungan, Pupuan, Bali belum sepenuhnya menggunakan teknologi informasi dalam penyusunan laporan keuangan. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah metode sosialisasi tentang penggunaan teknologi informasi dalam pengelolaan keuangan dan dilanjutkan dengan melakukan pelatihan dan praktik penyusunan laporan keuangan dengan basis teknologi informasi. Hasil dari kegiatan pengabdian menunjukkan bahwa pelaku usaha kecil dan menengah memiliki motivasi yang tinggi untuk menyusun laporan keuangan berbasis teknologi informasi dan telah mampu untuk melakukan pencatatan transaksi menggunakan aplikasi komputer. Hasil dari kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan bagi usaha kecil dan menengah.


Keywords


penyusunan laporan keuangan; teknologi informasi; usaha kecil dan menengah

Full Text:

PDF

References


Aisyah, M. N., Nugroho, M. A., & Sagoro, E. M. (2014). Pengaruh Technology Readiness Terhadap Penerimaan Teknologi Komputer pada UMKM di Yogyakarta. Jurnal Economia, 10(2).

Hapsari, D. W., Pratomo, D., & Khairunnisa, K. (2018). Workshop Penyusunan Laporan Keuangan Berdasar SAK EMKM Kepada UMKM di Kecamatan Karangpawitan Kabupaten Garut. Kuat: Keuangan Dan Akuntansi Terapan, 2(2).

Krisna, D. Y. (2016). Analisa Perilaku Penggunaan Teknologi Informasi pada UMKM dengan Menggunakan Pendekatan UTAUT. Jurnal Informatika dan Komputasi, 10(2).

Lubis, T. A., & Junaidi, J. (2016). Pemanfaatan Teknologi Informasi pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Jambi. Jurnal Perspektif Pembiayaan dan Pembangunan Daerah, 3(3).

Niati, A., Soelistiyono, A., & Ariefiantoro, T. (2019). Pengembangan Kemampuan Sumber Daya Manusia melalui Pelatihan Komputer Microsoft Office Excel untuk Meningkatkan Kinerja Perangkat Desa Mranggen. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v10i1.3557

Purnavita, S., Sriyana, H. Y., & Widiastuti, T. (2018). Kemasan Menarik dan Internet Marketing untuk Meningkatkan Nilai Jual Emping Garut sebagai Produk Unggulan Kabupaten Sragen. E-DIMAS. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v9i1.2260

Ramadhani, F., & Arifin, Y. (2013). Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi Berbasis E-Commerce sebagai Media Pemasaran Usaha Kecil Menengah guna Meningkatkan Daya Saing dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean 2015. Economic Development Analysis Journal, 2(2).

Roosdhani, M. R., Wibowo, P. A., & Widiastuti, A. (2012). Analisis Tingkat Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Usaha Kecil Menengah di Kab. Jepara. Jurnal Dinamika Ekonomi dan Bisnis, 9(2).

Soraya, S., Oscar, R., Yuliana, E. S., Kartikawati, T. S., Zawitri, S., Rezano, T., & Khamim, K. (2018). Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Berdasarkan SAK ETAP bagi UMKM di Kecamatan Sungai Pinyuh. Dikemas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat). https://doi.org/10.32486/jd.v2i1.255




DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i4.3981

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Barcode ISSN Jurnal E-Dimas:

p-ISSN                               e-ISSN

         

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

         

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.