Pendampingan Pengolahan Video Menggunakan Software Video Editing bagi Karang Taruna Kecamatan Patuk Kabupaten Gunungkidul
Abstract
Kawasan wisata Gunungkidul memiliki daya tarik wisata yang sangat tinggi. Jumlah wisatawan mengalami peningkatan yang cukup signifikan setiap tahunnya. Hal ini disebabkan beberapa faktor yang mendukung daya tarik wisata seperti keindahan alam, sarana dan prasarana di lokasi wisata, biaya yang terjangkau, kondisi lingkungan, lokasi yang strategis dan dukungan sistem transportasi. Peningkatan ini dapat meningkatkan pendapatan daerah secara umum dan warga sekitar obyek wisata. Obyek wisata di Gunungkidul sangat beragam seperti wisata pantai, goa, cave, taman bunga, sungai, air terjun, embung, waduk, gunung api purba, dan lain-lain. Obyek-obyek ini dapat dipromosikan oleh Karang Taruna di Patuk Gunungkidul menggunakan media video guna pemasaran obyek wisata. Teknik editing dan teknik impor video diperlukan sehingga terbentuk video utuh yang menarik. Hasil nilai pendampingan untuk kegiatan mengimpor video diperoleh nilai “baik” sama dengan 85%, penilaian “cukup” sama dengan 15% dan untuk penilaian kurang adalah 0%. Sedangkan untuk teknik menggunakan tools editing pada video oleh Karang Taruna di Kecamatan Patuk bahwa penilaian “baik” adalah 69% dan penilaian “cukup” adalah 31%, sedangkan penilaian “kurang” 0%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aryanto, S., Sudaryanto, S., Sajati, H., Kusumaningrum, A., Nugraheny, D., & Wintolo, H. (2019). Pengembangan Kewirausahaan Bagi UP2K-PKK Kelurahan Prawirodirjan Gondomanan Yogyakarta Untuk Mendukung Pemasaran Produk Menggunakan Instagram. KACANEGARA Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 2(2).
Belk, R., & Kozinetz, R. (2017). Videography and netnography. In Formative Research in Social Marketing (pp. 265-279). Springer, Singapore.
Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2011 tentang Rencana Induk Pengembangan Kepariwisataan Nasional 2010-2025.
Sudaryanto, S., Sajati, H., Kusumaningrum, A., Nugraheny, D., Aryanto, S., & Wintolo, H. (2020). Pendampingan Pemasaran Produk Menggunakan Instagram Bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Di Kecamatan Pathuk Gunungkidul. KACANEGARA Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 3(1).
Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan.
Wahab, S. (1997). Pemasaran Pariwisata. Jakarta: Pradnya Paramita.
Yusak, A. (2010). Tourism Board Strategi Promosi Pariwisata Daerah. Surabaya: ITS Press.
DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v13i2.5853
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:
E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.