Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Daring dengan Menggunakan Aplikasi Kinemaster dan Screencast O Matic
Abstract
Permasalahan prioritas mitra adalah bagaimana mendesain sebuah media pembelajaran daring yang mampu: digunakan oleh dosen dan mahasiswa dengan mudah; meningkatkan kreativitas dosen dan mahasiswa; dan meningkatkan kesadaran dosen akan pentingnya penggunaan teknologi. Tujuan program ini adalah untuk mengadakan pelatihan pembuatan video pembelajaran menggunakan aplikasi kinemaster dan screencast o matic selama pandemic Covid-19. Metode pelaksanaan kegiatan yaitu pemberian pelatihan dan pendampingan, penyadaran/ peningkatan kemampuan dosen. Keberlanjutan program setelah program ini selesai sepenuhnya dikembalikan kepada dosen yang mengikuti pelatihan untuk melanjutkan implementasi aplikasi pembelajaran ini. Terlihat bahwa ada hasil positif dalam hal peningkatan daya saing dan tata nilai dalam bidang pendidikan pada binaan mitra. Peningkatan kemampuan para dosen muda dalam menggunakan teknologi dan informasi dalam kesehariannya untuk mengajar Hal ini bisa dibuktikan dengan setelah pemaparan materi, peserta diberikan kesempatan untuk praktik membuat video pembelajaran secara berkelompok dan individu dengan menggunakan aplikasi kinemaster dan screencast o matic. Terlihat peserta sangat antusias mengikuti pelatihan ini. Hal ini disebabkan karena kedua aplikasi ini baru mereka gunakan untuk pembuatan video pembelajaran. 70,6% mereka beranggapan puas terhadap kegiatan ini. Peserta mengharapkan ada kegiatan pelatihan kembali.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adnyana, P. B. et al. (2020) ‘Efektivitas Pelatihan Pembuatan Flipped Classroom Video dengan Smartphone dan Aplikasi Kinemaster (Program PkM)’, in Proceeding Senadimas Undiksha, pp. 1758–1765.
Aji, R. H. S. (2020) ‘Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia ’:, Salam: Journal Sosial & Budaya Syar-i, 7(5), pp. 395–402. doi: 10.15408/sjsbs.v7i5.15314.
Darmawan, A. and Hamidi, J. (2018) Membuat Media Video Pembelajaran. Jakarta: Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Dewi, S. V. (2016) ‘Efektivitas penggunaan media Screencast O-Matic pada mata kuliah kalkulus integral terhadap hasil belajar mahasiswa’, Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 2(1), pp. 61–66. Available at: http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jp3m/article/view/Sin21.
Dewi, W. A. F. (2020) ‘Dampak Covid-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar’, Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), pp. 55–61.
Fitriyani, Y., Fauzi, I. and Sari, M. Z. (2020) ‘Motivasi Belajar MahasiswaPada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19’, Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaandi Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(2), pp. 165–175.
Hakim, L. et al. (2020) ‘Pelatihan Pembuatan Multimedia Interaktif sebagai Alternatif Media Pembelajaran’, E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 11(1), p. 38. doi: 10.26877/e-dimas.v11i1.4295.
Minardi, J. and Akbar, A. S. (2020) ‘Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Power Point untuk Peningkatan Kompetensi Guru SD’, E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 11(1), p. 96. doi: 10.26877/e-dimas.v11i1.2747.
Surya, Y. P. (2019) ‘Penerapan Media Penyuluhan Berbentuk Video Melalui Laman Youtube’, Prosiding Konser Karya Ilmiah Nasional 2019, pp. 255–263.
Zhafira, N., Ertika, Y. and Chariyianto (2020) ‘Persepsi Mahasiswa terhadap Perkuliahan Daring sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19’, Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen, 4(1), pp. 37–45.
DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v12i1.7204
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:
E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.