PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN TEMA 1 HIDUP RUKUN MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI KELAS II SDN SUGIHREJO 02

Sulfi Maghfiroh, Widya Kusumaningsih, Susi Susanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan kualitas pembelajaran Tema 1 Hidup Rukun melalui model Problem Based Learning (PBL) di kelas II SDN Sugihrejo 02 Kabupaten Pati tahun 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini peserta didik kelas II SDN Sugihrejo 02 yang berjumlah 18 orang. Penelitian ini dilaksanakan tiga siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Instrumen tes berupa tes tertulis berbentuk pilihan ganda. Instrumen non tes berupa lembar observasi keterampilan guru dan aktivitas peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) keterampilan guru siklus I mendapatkan skor 38 dengan kriteria baik, siklus II mendapatkan skor 42 dengan kriteria sangat baik, siklus III mendapatkan skor 46 dengan kriteria sangat baik; 2) aktivitas peserta didik siklus I mendapatkan skor 32,83 dengan kriteria baik, siklus II mendapatkan skor 38,33 dengan kriteria baik, siklus III mendapatkan skor 42,67 dengan kriteria sangat baik; 3) hasil belajar kognitif siklus I mendapat rata-rata kelas 66,17 ketuntasan klasikal 55,56%, siklus II mendapat rata-rata kelas 74,22 ketuntasan klasikal 72,22%, dan siklus III mendapat rata-rata kelas 89,56 ketuntasan klasikal 94,44%.


References


Aqib, Zainal, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrama Widya.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Nisa, Cici Istahiyyatun, dkk. 2021. Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Tema 8 di SD 9 Gondosari. Jurnal Sekolah PGSD FIP UNIMED Vol. 5 (3) Juni 2021, hlm 116-120, diakses pada 5 September 2022 pukul 17.00 WIB.

Poerwanti, Endang, dkk. 2008. Asesmen Pembelajaran SD. Jakarta: Depdiknas.

Sani, Ridwan Abdullah. 2015. Pembelajaran Saintifik untuk Inplementasi kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v2i2.13338

Refbacks

  • There are currently no refbacks.