PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN KETANJUNG 2 TAHUN PELAJARAN 2022/ 2023
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas penerapan model pembelajaran Discovery Learning dalam tiga siklus dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi pada setiap siklus yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Ketanjung 2 Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak tahun pelajaran 2021/ 2022. Subjek penelitian berjumlah 25 siswa, yang terdiri atas 11 perempuan dan 14 laki-laki. Data diperoleh menggunakan tes objektif yang dapat mengukur tingkat penguasaan konsep siswa pada mata pelajaran PKn. Untuk mengumpulkan data hasil belajar penguasaan konsep, peneliti menggunakan soal tes objektif dalam bentuk pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif yaitu mendiskripsikan atau memberi gambaran terhadap obyek yang diteliti melalui data sebagaimana adanya sekarang. Analisis ini dihitung dengan menggunakan penilaian rata- rata. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I diperoleh nilai maksimum 86, nilai minimum 48, skor nilai rata-rata kelas 71,84 dan ketuntasan belajar klasikal 68 %. Pada siklus II diperoleh nilai maksimum 100, nilai minimum 50, skor nilai rata-rata kelas 79,96 dan ketuntasan belajar klasikal 76 %. Pada siklus III diperoleh nilai maksimum 100, nilai minimum 60, skor nilai rata-rata kelas 82,36 dan ketuntasan belajar klasikal 92 %.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v2i2.13355
Refbacks
- There are currently no refbacks.