Keefektifan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Papan Pekalian Terhadap Hasil Belajar Konsep Matematika Siswa Kelas II SD N Bumiayu 02 Pati

Sri Mona Wijayanti, Ervina Eka Subekti, Singgih Adhi Prasetyo

Abstract


Latar Belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika pada materi perkalian. Hal tersebut disebabkan oleh pelaksanaan pembelajaran yang masih berpusat pada guru, siswa yang masih pasif dan belum menggunakan model serta media pembelajaran dengan tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan papan perkalian terhadap hasil belajar konsep matematika siswa kelas II SD N Bumiayu 02 Pati. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk pre-expermental design dengan desain one-grup pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SD N Bumiayu 02 Pati. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 19 orang yang merupakan siswa siswi kelas II yang diambil menggunakn Teknik Probability Sampling. Berdasarkan perhitungan diperoleh rata-rata pretest yaitu 41,31 dan rata rata posttest yaitu 78,89. Pada saat pretest hanya ada 4 siswa yang tuntas dan 15 siswa lainnya belum tuntas dengan ketuntasan belajar klasikal 21%. Setelah dilakukan posttest terdapat 16 siswa yang tuntas dan 3 siswa yang belum tuntas dengan ketuntasan klasikal 84%. Hal tersebut diperkuat dengan hasil analisis uji t bahwa  >  yaitu 15,152 > 2,026 maka  diterima. Dari penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan papan perkalian efektif terhadap hasil belajar konsep matematika siswa kelas II SD N Bumiayu 02 Pati.


References


Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Armin, R., & Purwanti, W. H. (2021). "Pengaruh Penggunaan Media Papan Cerdas Perkalian Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Siswa Kelas II di SD Negeri 75 Buton". Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 81-86.

Kebudayaan, K. P. (2013). "Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning)".

Khamidin, A. (2017). "Penerapan Media Papan Perkalian Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas II SD Negeri Sawah Besar 01 Semarang".

Deviana, M., Subekti, E. E., & Kuswandari. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPA Pada Pembelajaran Tema 9 Melalui Model Discovery Learning Berbantuan Media Powerpoint Bagi Siswa Kelas V SDN 2 Tanggung. Jurnal Paedagogy, 345-350.

Muhamad, N. (2016). "Pengaruh Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Representasi Matematis dan Percaya Diri Siswa". Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 9-22.

Sania, S., Hindarwarti, M., & Harjon, K. H. (2022). "Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III Melalui Model Discovery Learning". Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar.

Sinambela, P. N. (2013). "Kurikulum 2013 dan Implementasinya dalam Pembelajaran". 6(2).

Subekti, E. E., & Sukamto. (2022). Statistika Penelitian. Semarang: Universitas PGRI Semarang.

Sugiarto, T., Sutantyo, A., & Prasetyo, A. S. (2018). Keefektifan Media Pembelajaran Adobe Flash Pada Model Pembelajaran Inkuiri Kelas V SD Negeri Pedurungan Kidul 02 . Jurnal Sekolah (JS), 295-300.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dam RnD. Alfabeta.

Surur, M., & Oktavia, S. T. (2019). "Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematika". JPE (Jurnal Pendidikan Edutama)




DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v3i2.16219

Refbacks

  • There are currently no refbacks.