KREATIVITAS GURU DALAM PENGGUNAAN MEDIA LAGU PADA TEMA 7 SUBTEMA 1 DI KELAS IV SD NEGERI NGASINAN KABUPATEN REMBANG

Nimatin Zakiyah, Ari Widyaningrum, Qoriati Mushafanah

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kreativitas guru kelas IV SD Negeri Ngasinan Kabupaten Rembang dalam penggunaan media lagu yang diterapkan pada pembelajaran Tema 7 Subtema 1 di kelas IV SD Negeri Ngasinan. Pada penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dimana peneliti sebagai instrument kunci, teknik pengumpulan data yang dilakukan secara triangulasi. Hasil analisis data observasi yang telah dilakukan saat pembelajaran di kelas IV SD Negeri Ngasinan menunjukkan bahwa kurangnya kreativitas guru saat pembelajaran. Saat pembelajaran guru belum pernah menggunakan media lagu dan seringnya menggunakan metode ceramah kemudian siswa diminta mengerjakan buku tema lalu dikoreksi bersama-sama.  Sehingga ketika pembelajaran siswa kurang memperhatikan guru, ada siswa yang berbicara dengan temannya dan ngalamun. Hal ini karena kurangnya minat siswa untuk belajar karena pembelajaran dikelas kurang menyenangkan. Untuk mengatasi hal tersebut, peneliti menggunakan media lagu yang dibuat sendiri dengan mengubah lirik lagu guruku tersayang menjadi materi pembelajaran keragaman suku dan budaya di Indonesia. Berdasarkan hasil wawancara oleh peneliti melalui jawaban siswa dapat dilihat bahwa media lagu membuat proses pembelajaran menjadi menyenangkan, mudah dipahami, membuat siswa tertarik mengikuti proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru.


References


Abdullah, Ramli. 2016. Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal Vol. 4 No. 1.

Abi Hamid, Mustofa. 2020. Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik . Jakarta: Rineka Cipta.

Aqib, Zainal. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Beetlestone, Florence. 2013. Creative Learning Strategi Pembelajaran Untuk Melesatkan Kreativitas Siswa. Bandung: Nusa Media.

Deporter, Bobbi dan Mike Hernacki. 2015. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Jakarta: PT. Mizan Pustaka.

Haryanto. 2012. Dalam Artikel “Pengertian Pendidikan Menurut Mustofa Abi Hamid: Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Herdiansyah, H. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Penerbit Salemba Humanika.

Indriana Dina, Ragam Alat Bantu Media Pengajaran (Jakarta: PT. Diva Press. 2011), 15

Ifni Oktaviani, Kreativitas Guru dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik, Jurnal Kependidikan 5, No. 2 (2017): 218.

Mundandar, Utami. 2012. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Nur, Azimah, Udi Utomo. 2018. Kreativitas Guru Dalam Menggunakan Lagu-Lagu Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. JURNAL SENI MUSIK 7 (1).

Sugiyono . (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfbeta.

Sukiman, Pengembangan Media Pembelajaran, (Yogyakarta: Pedagogia, 2012) hal 29

Tri Utami. 2013. “Penggunaan media lagu (nyanyian) untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD N Tlogopandongan 2 Kecamatan Gajah Kabupaten Demak Tahun Ajaran 2013/2014”. Skripsi. Surakarta: Program Studi PGSD, FKIP UMS.




DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v3i1.17129

Refbacks

  • There are currently no refbacks.