PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN OSIN (OMAH SINAU) BERBASIS ANDROID BERBANTU SMART APPS CREATOR UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENGHITUNG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan dan kelayakan media pembelajaran Osin (omah sinau) berbasis android berbantu smart apps creator untuk keterampilan membaca dan menghitung. Jenis penelitian ini adalah Penelitian pengembangan atau R&D (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan Borg dan Gall. Langkah-langkah yang dilakukan oleh peneliti dibatasi hanya sampai 6 tahap yaitu penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk, uji coba lapangan awal (terbatas), revisi hasil uji lapangan terbatas, dan uji lapangan (lebih luas). Subjek dalam penelitian dan pengembangan media pembelajaran Osin (omah sinau) yaitu peserta didik Kelas I Sekolah Dasar. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, validasi, angket dan dokumentasi. Hasil perhitungan dari validasi terhadap ahli media dan materi yaitu rata-rata ahli media diperoleh kevalidan media sebesar 90% dan rata-rata validasi ahli materi diperoleh kevalidan materi sebesar 89,5% termasuk dalam kategori “Sangat Baik”. Hasil rata-rata Persentase dari angket respon guru dari 2 sekolah memperoleh sebesar 95% dalam kategori “Sangat Baik” dan rata-rata Persentase angket respon peserta didik dari 2 sekolah memperoleh sebesar 95,03% dalam kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan presentase perolehan hasil uji validasi dan uji lapangan maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran Osin (omah sinau) ini dinyatakan dalam kategori layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
(2003). Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Abi Hamid, Mustofa. Ramadhani, Rahmi. Masrul. Media Pembelajaran. Edited by Tonny Limbong, Yayasan Kita Menulis, 2020.
Alwi, Mohamad Bukhoiro, et al. “Perkembangan Dan Kemampuan Berhitung Siswa SD Di Dusun Margasari Dengan Media Sempoa.” Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, no. Desember, 2021, pp. 104–14.
Astriani, Siska Ana. “Prinsip Dan Kriteria Pemilihan Media Pembelajaran.” Universitas Nurul Jadid, 2018, pp. 1–13.
Dasor, Yohanes Wendelinus. “Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar.” Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, vol. 4, no. 2, 2020, pp. 86–90.
Elvi Susanti, Didah Nurhamidah, Lutfi Syauki Faznur. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Smart Apps Creator Pada Mata Kuliah Bahasa Indonesia. no. November, 2021, pp. 178–200, doi:10.15408/dialektika.v8i2.24717.
Irdawati, Yunidar, and Darmawan. “Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Gambar Kelas 1 Di Min Buol.” Jurnal Kreatif Tadulako Online, vol. 5, no. 4, 2014, pp. 1–14.
Miftah, M. “Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa.” Jurnal Kwangsan, vol. 1, no. 2, 2013, p. 95, doi:10.31800/jurnalkwangsan.v1i2.7.
Wynarti, Indah Agustina. “Pengembangan Permainan Charades Sebagai Media Pembelajaran Materi Jenis-Jenis Bisnis Ritel Kelas XI Pemasaran Di SMK Negeri 2 Buduran.” Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), vol. 6, no. 3, 2018, pp. 63–70.
DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v3i1.17136
Refbacks
- There are currently no refbacks.