PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING ,ART , AND MATHEMATIC ) TEMA 2 KELAS V DI SD NEGERI TLOGOWUNGU 02
Abstract
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurangnya bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran di kelas V dan penggunaan pendekatan pembelajaran yang sedikit. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar yang praktis dan valid yang berbasis STEAM. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development), dengan model pengembangan Borg and Gall yang memiliki 5 tahap yaitu Penelitian dan pengumpulan data, Perencanaan, Pengembangan produk awal, Uji validitas pakar, dan Uji coba lapangan skala kecil. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukan pengembangan bahan ajar berbasis STEAM dikatakan layak, hal ini berdasarkan nilai persentase ahli bahan ajar 95,00%, ahli materi 95,45%” dan ahli praktisi guru 100% dengan kategori “Sangat Layak”. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka pengembangan bahan ajar berbasis STEAM tema 2 kelas V valid digunakan sebagai bahan ajar peserta didik. Hasil dari persentase tanggapan guru terhadap bahan ajar sebesar 95% dan tanggapan siswa sebesar 98,3% dengan kategori “Sangat Praktis”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahan ajar berbasis STEAM (Science, Tecnology, Enginering, Art, and Mathematics ) tema 2 kelas V di SDN Tlogowungu 02 dapat dapat digunakan sebagai alternatif guru dalam mengajar.
Full Text:
PDFReferences
Ganung Anggraeni, P. P. (2020). Buku Panduan Aktivitas Steam. Universitas PGRI Yogyakarta.
Hernawan, A. H., Permasih, & Dewi, L. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Direktorat UPI Bandung, 1489–1497. http://file.upi.edu/Direktori/Fip/Jur._Kurikulum_Dan_Tek._Pendidikan/194601291981012-Permasih/Pengembangan_Bahan_Ajar.pdf
Izzania, R. D. S. M. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Project Based Learning (Pjbl) Terintegrasi Steam Untuk Memfasilitasi Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 4(2), 146–157. https://doi.org/10.33369/dikdas.v4i2.15914
Manungki, I., & Manahung, M. R. (2020). Metode Outdoor Learning Dan Minat Belajar. Educator (Directory Of Elementary Education Journal), 1(2), 78-103.
Mayembe, E., & Nsabata, S. (2020). Print Based Learning Media. Journal Educational Verkenning, 1(1), 001-007.
Najamuddin, Fitriani, R., & Puspandini, M. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics (STEAM) Berbasis Loose Part untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Anak Usia Dini. Jurnal Basicedu, 6(1), 954–964. https://jbasic.org/index.php/basicedu%0APengembangan
Nurhasanah, A., & MS, Z. (2021). Penerapan Pembelajaran Inovatif STEAM di Sekolah Dasar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(2), 204. https://doi.org/10.26858/jkp.v5i2.20309.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wijayanti, A., Fajriyah, K. and Priyanto, W., 2020. Implementation of Saintific Approach Based on STEM Education to Increase Scientific Literacy. Unnes Science Education Journal, 9(2),pp.84-90. DOI 10.15294/USEJ.V9I2.39285.
Wijayanti, A., Wiyanto, W., Ridlo, S., & Parmin, P. (2022). Implementation of STEAM in Science Learning : A Systematic Literature Review. 238–245.
Zakiyatun Imamah, M. (2020). Pengembangan kreativitas dan berpikir kritis pada anak usia dini melalui motode pembelajaran berbasis STEAM and loose part. 15(2).
DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v3i1.17140
Refbacks
- There are currently no refbacks.