KEEFEKTIFAN BAHAN AJAR BERBASIS STEAM UNTUK MENINGKATKAN LIFE SKILL SISWA KELAS IV SD NEGERI REJOSARI 1
Abstract
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurangnya inovasi guru dalam menggunakan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa sehingga membuat pembelajaran terkesan membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan bahan ajar berbasis STEAM untuk meningkatkan life skill siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dalam bentuk pre eksperimental design dengan jenis nonequivalent pretest and posttest control group. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV A-D SD Negeri Rejosari 1. Sampel yang diambil adalah 51 siswa yaitu kelas eksperimen (IV B) 26 siswa dan kelas kontrol (IV C) 25 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistic deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan : a) karakteristik bahan ajar berbasis STEAM berbeda dengan bahan ajar pada umumnya, b) adanya perbedaan yang signifikan maka dapat dikatakan bahwa ada keefektifan penggunaan bahan ajar berbasis STEAM terhadap life skill siswa. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar berbasis STEAM layak digunakan sebagai alternatif sumber belajar yang efektif untuk meningkatkan life skill siswa kelas IV SD Negeri Rejosari 1.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anjarwati, R. (2022). Pengaruh Bahan Ajar Berbasis STEAM (science, technology, engineering, art, and, mathematic) Untuk Membekalkan Life Skill Siswa Sekolah Dasar.
Estriyanto, Y. (2020). Menanamkan Konsep Pembelajaran Berbasis STEAM (science, technology, engineering, art, and, mathematics) Pada Guru-Guru Sekolah Dasar di Pacitan. 68-74.
Lindawati. (2016). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPS BERBASIS KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILL) UNTUK SISWA KELAS V SD TAHUN 2016. Volume 18, Nomor 1,, 68-77.
Prastowo, A. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Yogyakarta: Viva Press.
Sadjati, I. (2017). Hakikat Bahan Ajar . Vol.3 Issue 1.
DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v3i1.17141
Refbacks
- There are currently no refbacks.