KEEFEKTIFAN MEDIA KALKULATOR KARDUS TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI PENJUMLAHAN DENGAN TEKNIK MENYIMPAN SISWA KELAS II SDN PROYONANGGAN 05 BATANG
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah keefektifan media kalkularor kardus terhadap hasil belajar pada materi penjumlahan dengan teknik menyimpan pada siswa kelas II SD Negeri Proyonanggan 05 Batang. Jenis Penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dalam penelitian ini menggunakan Pre-Eksperimental Design dengan menggunakan bentuk yang berupa One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SDN Proyonanggan 05 Batang. Sampel yang diambil adalah siswa kelas II SDN Proyonanggan 05 Batang dengan jumlah 26 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui Tes, Angket, Wawancara, dan Observasi. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa media pembelajaran kalkulator kardus sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar materi penjumlahan dengan teknik menyimpan pada siswa kelas II SD Negeri Proyonanggan 05 Batang. Pada pretest hasil rata-rata kelas lebih rendah dengan nilai rata-rata (66,73) dibandingkan dengan posttest lebih tinggi dengan nilai rata-rata (90,96). Hasil analisis data tingkat ketuntasan antara nilai posttest dengan media pembelajaran kalkulator kardus 100% dengan jumlah siswa 26 dengan nilai terendahh 75 dan nilai tertinggi 100. Sedangkan pada nilai pretest tingkat ketuntasan 79% dan yang belum tuntas 21% dengan nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 45.
Kata Kunci: Kalkulator Kardus, Hasil Belajar, PenjumlahanTujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah keefektifan media kalkularor kardus terhadap hasil belajar pada materi penjumlahan dengan teknik menyimpan pada siswa kelas II SD Negeri Proyonanggan 05 Batang. Jenis Penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dalam penelitian ini menggunakan Pre-Eksperimental Design dengan menggunakan bentuk yang berupa One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SDN Proyonanggan 05 Batang. Sampel yang diambil adalah siswa kelas II SDN Proyonanggan 05 Batang dengan jumlah 26 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui Tes, Angket, Wawancara, dan Observasi. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa media pembelajaran kalkulator kardus sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar materi penjumlahan dengan teknik menyimpan pada siswa kelas II SD Negeri Proyonanggan 05 Batang. Pada pretest hasil rata-rata kelas lebih rendah dengan nilai rata-rata (66,73) dibandingkan dengan posttest lebih tinggi dengan nilai rata-rata (90,96). Hasil analisis data tingkat ketuntasan antara nilai posttest dengan media pembelajaran kalkulator kardus 100% dengan jumlah siswa 26 dengan nilai terendahh 75 dan nilai tertinggi 100. Sedangkan pada nilai pretest tingkat ketuntasan 79% dan yang belum tuntas 21% dengan nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 45.
Kata Kunci: Kalkulator Kardus, Hasil Belajar, PenjumlahanFull Text:
PDF 11-19 (Bahasa Indonesia)References
Ali Hamzah dan Muhlisrarini. (2018). Perencanan Dan Strategi Pembelajaran. Matematika. Depok: PT Rajagrafindo Persada. Anas sudijono,2014.
Arikunto, Suharsimi (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. (2019). Media Pembelajaran. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.
Nur, Akbari Kurniawan (2019). Pengaruh Media Realita Pada Pembelajaran Matematika terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar, 1-8. Universitas Tanjungpura Pontianak.
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA
Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya Media dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 23–27 https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.77
Yusuf, Munir. (2018). Pengantar Ilmu Pendidikan. Palopo: Kampus IAIN Palopo.
DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v4i1.17839
Refbacks
- There are currently no refbacks.