PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI MISI PANTUN (MOSIPAN) UNTUK PEMBELAJARAN MENULIS PANTUN PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Hardita Dwi Endah Amalia, Mei Fita Asri Untari, Muhammad Arief Budiman

Abstract


Monopoli Misi Pantun (Mosipan) adalah media pembelajaran berbasis permainan yang dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis pantun di tingkat sekolah dasar. Media ini dirancang dengan mengintegrasikan elemen permainan untuk meningkatkan keaktifan siswa dan efektivitas pembelajaran. Pengembangan media monopoli misi pantun (mosipan) menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Hasil penelitian dan pengembangan media monopoli misi pantun (mosipan) telah memenuhi kriteria valid yang ditinjau berdasarkan validasi ahli media dan ahli materi dengan memperoleh kelayakan media sebesar 81,25% dan kelayakan materi sebesar 98,75% dengan kategori “sangat baik”, sehingga layak digunakan dalam proses kegiatan pembelajaran. Media monopoli misi pantun (mosipan) yang telah dikembangkan dapat memenuhi kriteria praktis dan efektif yang ditinjau berdasarkan angket respon guru dan siswa yang memiliki rata-rata 75%-100% dengan kriteria “sangat baik” dan sangat valid. Selain itu, media monopoli misi pantun (mosipan) memenuhi kriteria efektif yang ditinjau berdasarkan meningkatnya hasil belajar siswa di SD Negeri Rejosari 2, SD Negeri Rejosari 3, dan SD Negeri Karangtempel yang dibuktikan dengan perolehan tingkat signifikasi sebesar 0.000 yang lebih kecil dari 0.005 (0.000 < 0.005). Sehingga penggunaan media tersebut efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran di kelas pada materi menulis pantun.


Keywords


Pengembangan, Media Pembelajaran, dan Monopoli Misi Pantun.

References


Alifvia, D. A., Budiman, M. A., & Huda, C. (2024). “Penerapan Model Pembelajaran PBL (Problem Based Leraning) Berbantu Media Flashcard Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas VI SD Kusuma Bhakti.” Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 10(1), 182-195.

https://www.e-journal.my.id/onoma/article/view/3164

Anengsih, A., Muryani, M., & Jamaludin, U. (2023). “Penerapan Berbalas Pantun Dalam Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Di Kelas V Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1).

https://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/4387

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Arsyad, Azhar. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Arum, Sekar. 2023. Menguasai Peribahasa, Puisi Baru dan Pantun. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.

Azzahra, N. K., Rofian, R., & Budiman, M. A. (2023). “Pengembangan Media Belajar Planetarium Toys Sebagai Peningkat Pemahaman Siswa Kelas VI Materi Tata Surya Bidang Studi IPA.” Indonesian Research Journal on Education, 3(2), 1106-1112.

http://irje.org/index.php/irje/article/view/274

Budiman, M. A., Widyaningrum, A., & Azizah, M. (2023). “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPELLING DAN PRONOUNCIATION ANAK USIA SEKOLAH DASAR.” Wawasan Pendidikan, 3(2), 517-532.

https://journal.upgris.ac.id/index.php/wp/article/view/14821

Cemerlang, Sastra. 2018. Sastra Lengkap Indonesia. Tangerang Selatan: Cemerlang.

Faroid, F. F., Wardana, M. Y. S., & Budiman, M. A. (2023). “Keefektifan Penggunaan Metode SAS Berbantu Media Kartu Kalimat terhadap Kemampuan Baca Anak.” Indonesian Journal of Elementary School, 3(2), 139-147.

https://journal.upgris.ac.id/index.php/ijes/article/view/17170

Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman, 11.

https://www.academia.edu/download/65939887/BELAJAR_DAN_PENDEKATAN_PEMBELAJARAN.pdf

Firdaus Ziza Alifiani, Hendratno. (2021). “Pengembangan Media Monopoli Untuk Keterampilan Menulis Pembelajaran Pantun Siswa Kelas V Sekolah Dasar.” Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol 9 No 09 (2021).

https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/43022

Fitriyani, A., Rofian, R., & Putriyanti, L. (2023). “KEPRAKTISAN MEDIA MONOPOLI PUISI (MONOPUS) DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA SEKOLAH DASAR.” In Seminar Pendidikan Nasional (SENDIKA) (Vol. 3, No. 1).

https://conference.upgris.ac.id/index.php/sendika/article/view/4334

Hanjani, T. J., & Firduansyah, D. (2022). “Pengembangan Media Monopoli pada Pembelajaran IPA Kelas V SD Negeri 25 Lubuklinggau.” Silampari Sains and Education, 1(1), 58-70.

https://www.jurnal.lp3mkil.or.id/index.php/SSE/article/view/272

Ilham, M., Murniviyanti, L., & Prasrihamni, M. (2022). “Pengembangan Media Permainan Monopoli Pada Pembelajaran Apresiasi Sastra Pantun Kelas 5 SD.” Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 5054-5062.

https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/7422

Irfandi. 2015. Pengembangan Model Latihan Sepak Bola dan Voli. Yogyakarta: Deepublish.

Khotimah, N. F. H., Atharina, F. P., & Budiman, M. A. (2023). “PENGGUNAAN MEDIA EDUCANDY DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SD NEGERI 6 BOJA.” Indonesian Journal of Elementary School, 3(2), 156-166.

https://journal.upgris.ac.id/index.php/ijes/article/view/16986

Kurniawati, D. C., Budiman, M. A., & Listyarini, I. (2023). “PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU CERITA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA KELAS 1 SD ISLAM NURUL QOMAR SEMARANG.” Indonesian Journal of Elementary School, 3(1), 256-262.

https://journal.upgris.ac.id/index.php/wp/article/view/14821

Latifah, A., & Setyaningsih, N. H. (2015). “Peningkatan keterampilan menulis pantun menggunakan model pembelajaran arias dengan media kartu pantun." Lingua: Jurnal Bahasa dan Sastra, 11(1).

https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/lingua/article/view/8920

Mahesti, G., & Koeswanti, H. D. (2021). “Pengembangan media pembelajaran permainan monopoli asean untuk meningkatkan hasil belajar tema 1 selamatkan makhluk hidup pada siswa kelas 6 Sekolah Dasar.” Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 30-39.

https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/33586

Millenniloper, M. A. (2022). “Pengembangan Media Permainan Monopoli Tematik Digital pada Tema 9 Subtema 2 untuk Siswa Kelas VI SDN 193 Pekanbaru.” (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).

https://repository.uir.ac.id/13771/

Purwanti, D. (2017). “Peningkatan Kemampuan Menulis Pantun dengan Menggunakan Model Berpikir Berbicara Menulis (Think Talk Write).” Diksatrasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 52-56.

https://jurnal.unigal.ac.id/diksatrasia/article/view/581

Putri, D. Y., Santosa, A. B., & Nugroho, W. (2022). “Pengembangan Media Permainan Monopoli Proklamasi Kemerdekaan Sebagai Evaluasi Pembelajaran Kelas V Sekolah Dasar.” Tanggap: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar, 2(2), 110-121.

https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/tanggap/article/view/185

Putri, F. A., Cahyadi, F., & Budiman, M. A. (2023). “ANALISIS DAMPAK PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI PANDEAN LAMPER 02.” Wawasan Pendidikan, 3(2), 745-754.

https://journal.upgris.ac.id/index.php/wp/article/view/16260

Rafiudin, C., Bahaf, A. M. I., & Zohriah, A. (2024). “Perumusan Visi Misi Jasa Lembaga Pendidikan.” JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 2621-2628.

https://www.jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/3747

Resnani, R. (2021). Meningkatkan Kemampuan Menulis Pantun Siswa Melalui Model Multiliterasi. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 14(1), 62-69.

https://ejournal.unib.ac.id/pgsd/article/view/14803

Ristiyanto, G., Budiman, M. A., & Priyanto, W. (2023). “PENGEMBANGAN MEDIA RODA LITERASI (ROSSI) KEMAMPUAN MEMBACA BAHASA INGGRIS SISWA KELAS III.” Wawasan Pendidikan, 3(2), 577-586.

https://journal.upgris.ac.id/index.php/wp/article/view/12234

Rusdi. 2018. Penelitian Desain dan Pengembangan Kependidikan. Depok: RajaGrafindo Persada.

Saputri, A. I. G., Budiman, M. A., & Azizah, M. (2023). “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAMBLE WORDS PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS IV A SD ISLAM DARUL HUDA SEMARANG.” Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 43-53.

http://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/1628

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.

Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. 2018. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Widodo, B. J., & Hanifah, B. A. (2020). “Pengembangan Media Monopoli Aksara Jawa Untuk Pembelajaran Membaca Aksara Jawa Di Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Kontekstual, 1(02), 19-28.

http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/158

Yanti, F. (2021). “Penggunaan Model Pembelajaran Problem Base Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas XI Tata Busana-2 Mata Pelajaran Pembuatan Busana Industri Materi Pengertian Dan Fungsi Busana Pesta Pada SMK Negeri 1 Sigli.” Jurnal Sains Riset, 11(1), 11-14.

http://journal.unigha.ac.id/index.php/JSR/article/view/394




DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v4i2.19595

Refbacks

  • There are currently no refbacks.