ANALISIS KESULITAN BELAJAR SOAL CERITA MATEMATIKA PADA KELAS V SDN PURWOREJO REMBANG

Dwi Noviyanti, Kartinah Kartinah, Ikha Listyarini

Abstract


Latar belakang dari penelitian ini adalah kesulitan menyelesaikan soal cerita matematika. Tujuan penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui kesulitan belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika 2) untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas V dan guru kelas V SDN Purworejo Rembang. Instrumen yang digunakan peneliti yaitu soal tes, lembar wawancara dan angket siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Kesulitan yang dialami siswa kelas V dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi luas dan keliling bangun datar yaitu memahami konsep meliputi (menentukan cara pengerjaanya,  memahami soal dan menentukan rumus yang akan digunakan), kesulitan mengubah satuan matematika dan kesulitan dalam menghitung, 2) faktor yang menyebabkan kesulitan belajar dalam menyelesaikan soal cerita matematika berasar dari faktor internal dan eksternal. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan kepada siswa yaitu ketika kegiatan pembelajaran dikelas sebaiknya siswa memperhatikan pembelajaran dengan baik agar mampu memahami materi yang disampaikan oleh guru, mampu mengerjakan soal dengan benar dan sebaiknya ketika belum paham sebaiknya aktif bertanya. Lalu saat mengerjakan soal sebaiknya siswa memahami soal terlebih dahulu dan mengecek kembali pekerjaannya ketika sudah selesai agar tidak terjadi kesalahan.


Keywords


kesulitan, Soal cerita, Matematika

References


Amallia, N., & Unaenah, E. 2018. Analisis kesulitan belajar matematika pada siswa kelas III sekolah dasar. Attadib: Journal of Elementary Education, 2(2), 123-133.

Ashikin, M. F. 2018. Pengembangan Media Penggaris Konversi Satuan Pengukuran Dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas Tinggi Sdn Sindurejan Yogyakarta. Basic Education, 7(23), 214-225.

Haniq, U. 2019. Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Pecahan pada Siswa Kelas V SDN 188 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 56-65.

Nailia, V., Setiawan, D., & Purbasari, I. 2023. Studi analisis kesulitan penyelesaian soal cerita pada pembelajaran matematika sekolah dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 2595-2602.

Nugroho, I. R., & Listyarini, I. 2018. Keefektifan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantu Media Ular Tangga Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas IV SD. JS (Jurnal Sekolah), 2(3), 236-245.

Prianto, P. N. A., Cahyadi, F., & Listyarini, I. 2022. Analisis Kesulitan Belajar Materi Operasi Hitung Pembagian Kelas IV SDN Tengki 01 Kabupaten Brebes. Jurnal Wawasan Pendidikan, 2(1), 61-70.

Rahman, S. 2022, January. Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.

Rosdianah, R., Kartinah, K., & Muhtarom, M. 2019. Analisis faktor penyebab kesulitan belajar matematika pada materi garis dan sudut kelas VII sekolah menengah pertama. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(5), 120-132.

Saputri, R. D., Kartinah, K., & Sukini, S. 2024. Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Perkalian Desimal Kelas V. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 12156-12166.

Sugiyono.” Metedologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D”, Bandung: CV Alfabeta,2016.

Trisnowali, A. 2017. Pengaruh motivasi berprestasi, minat belajar matematika, dan sikap belajar matematika terhadap hasil belajar matematika pada siswa sman 2 watampone. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 5(2), 259-277.

Yulianty, N. 2019. Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 60-65.




DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v4i2.19624

Refbacks

  • There are currently no refbacks.