PENGEMBANGAN MEDIA PPEMBELAJARAN E-BOOK MELALUI SOFTWARE ANYFLIP DI SEKOLAH DASAR

Putri Lenggono Murti, Henry Januar Saputra, Muhammad Arief Budiman

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah 1) mengembangkan media pembelajaran e-book melalui software anyflip di Sekolah Dasar, 2) menghasilkan media pembelajaran e-book melalui software anyflip di Sekolah Dasar yang memenuhi kriteria valid, 3) menghasilkan media pembelajaran e-book melalui software anyflip di Sekolah Dasar yang memenuhi kriteria praktis. Latar belakang penelitian ini yaitu  guru masih jarang menggunakan media berbasis teknologi, sedangkan berdasarkan hasil wawancara siswa lebih tertarik dengan media pembelajaran yang berbasis teknologi digital. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D (Research & Development) dan modifikasi dari tahapan penelitian pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Gunungpati 01. Hasil penelitian diperoleh kevalidan berdasarkan hasil penilaian dari ahli media sebesar 83,12% dan penilaian ahli materi 83% dengan kategori layak/valid. Kepraktisan media pembelajaran dinyatakan praktis berdasarkan kesesuaian materi yang diberikan. Hal ini dibuktikan dengan hasil tanggapan guru 88,4% dan hasil tanggapan siswa 88,7%. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran e-book melalui software anyflip di Sekolah Dasar valid dan praktis untuk digunakan.


Keywords


media pembelajaran, e-book, anyflip

References


Aminah, S. (2022). Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(3), 244-246.

Hartini S., S. Firdausi, M., Misbah, N. F., dan Sulaeman.F. S. (2018). The Developement of Physics Teachinng Materials Based on Local Wisdom to Train Saraba Kawa Characters. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(2), 130-137.

Hendriyanto. (2022). Digitalisasi Pendidikan Era Merdeka Belajar Melalui Pemanfaatan TIK di Sekolah. Retrieved from Direktorat Sekolah Dasar: https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/digitalisasi-pendidikan-era-merdeka-belajar-melalui-pemanfaatan-tik-di-sekolah.

Karo-Karo, I. R. (2018). Manfaat Media Dalam Pembelajaran. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, VII(1), 91-96.

Listyarini, Ikha., Arisul Ulumuddin, Moh Aniq K.B., dan Henry Januar S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Melalui Aplikasi Anyflip Di Sekolah Dasar. Wawasan Pendidikan, 2(1), 137-142. doi:10.26877/wp.v2i1.9787.

Maghfiroh, D.O., Arfilia Wijayanti., dan Muhammad, A.B. (2022). Profil Media Pembelajaran di SD N 01 Kebondalem Kabupaten Pemalang. Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah, 3(1), 53-59. doi:https://doi.org/10.51874/jips.v3i1.41.

Pertiwi, R. (2018). “Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Berbantuan Aplikasi Anyflip Berbasis Kearifan Lokal Pada Mata Pelajaran Ips Kelas 4 MI”.Skripsi.Lampung: UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

Rohman, A., Mustaji, M., & Fatirul , A. N. (2021). Pengembangan E-Modul Interaktif Materi Sistem Bilangan Untuk Mendukung Pembelajaran Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. urnal nspirasi endidikan, 11(1), 61–71. https://doi.org/10.21067/jip.v11i1.5306Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar, II(1), 43-38.




DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v4i2.19631

Refbacks

  • There are currently no refbacks.