ANALISIS IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFI PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN RANDUBLATUNG KABUPATEN BLORA
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya sekolah dasar negeri yang tervalidasi belum penggerak. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses implementasi Projek penguatan profil pelajar pancasila. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif naturalistik. Subjek penelitian yaitu guru penggerak SDN 1 Randublatung, SDN 1 Sambongwangan, SDN 2 Bekutuk dan SDN 2 Plosorejo. Pengumpulan data dilakukan dengan metode humant instrumen berupa kuesioner. Berdasarkan hasil analisis penelitian sekolah dasar negeri di Kecamatan Randublatung Kabupaten Blora telah mengimplementasikan Projek Profil mulai dari melakukan pembentukan tim fasilitator projek profil diperoleh sebanyak 50,4%, mengidentifikasi tahapan kesiapan satuan pendidikan dalam menjalankan projek profil diperoleh sebanyak 64%, menentukan dimensi dan tema projek profil diperoleh sebanyak 66,6%, merancang alokasi waktu projek profil diperoleh sebanyak 44%, menyusun modul projek profil diperoleh sebanyak 48,4%, menentukan tujuan pembelajaran diperoleh sebanyak 17,7%, mengembangkan topik, alur aktivitas dan asesmen 68,1%. Berdasarkan hasil analisis penelitian ini dapat disimpulkan bahwa projek penguatan profil pelajar pancasila telah diimplementasikan dengan baik sesuai kaidah pada kurikulum merdeka.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adelia, I. M., Purnamasari, V., & Budiman, M. A. (2024). IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI EKSTRAKURIKULER TARI DI SD NEGERI WOTAN 02 KABUPATEN PATI. Wawasan Pendidikan, 4(1), 139-148.
Budiman, M. A., Listyarini, I., Wardana, M. Y. S., & Ismanto, H. S. (2024). PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SDN KALICARI 01 KOTA SEMARANG. Wawasan Pendidikan, 4(1), 1-8.
Daga, A. T. (2021). Makna merdeka belajar dan penguatan peran guru di sekolah dasar. Jurnal Educatio Fkip Unma, 7(3), 1075-1090.
Haq, A. M. (2023). Pelatihan Nasional Penyusunan Modul P5 Menggunakan Kreasi Ide Media Serbaneka Pada Kepala Sekolah Dan Guru. Jurnal ABDI, 8, 217-226.
Keputusan Mendikbudristek RI No.262/M/2022 tentang Perubahan atas Keputusan Mendikbud RI No.56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran
Mulyasa, H. E. (2021). Menjadi guru penggerak merdeka belajar. Bumi Aksara.
Mulyasa, H. E. (2021). Implementasi kurikulum 2013 revisi: dalam era industri 4.0. Bumi Aksara.
Ristek, K. (2022). Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemdikbud Ristek.
Savitri, D. I. (2020). Peran Guru SD di Kawasan Perbatasan Pada Era Pembelajaran 5.0 dan Merdeka Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Vol 2, 274–279.
Septiani, A., Novaliyosi, & Nindiasari, H. (2022). Implementasi kurikulum merdeka ditinjau dari pembelajaran matematika dan pelaksanaan P5 (studi di SMA Negeri12 Kabupaten Tangerang). Aksioma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 13, 421-435.
Supriyoko., Nisa, A. F., Uktolseka, N. F. (2022). The Nature-Based School Curriculum: A Solution to Learning- Teaching that Promotes Students Freedom. Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan. 41(3). 643-652.
Tim “Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila” Jakarta: Kemendikbud Ristek. (2022).
Ulandari, S., & Rapita, D. D. (2023). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Menguatkan Karakter Peserta Didik. Jurnal Moral Masyarakat, 8, 12-28.
Yuliastuti, S., Ansori, I., & Fathurrahman, M. (2022). Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kewirausahaan Kelas 4 SD Labschool UNNES Kota Semarang. Jurnal Lembaran Ilmu Pendidikan, 51, 76-87.
DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v4i2.19635
Refbacks
- There are currently no refbacks.