ANALISIS PERAN PROGRAM SETORAN LITERASI UNTUK KEDEKATAN EMOSIONAL GURU DAN SISWA DI SD NEGERI 02 PENANGGUNGAN KABUPATEN BANJARNEGARA

Muhammad Zumamudin, Eka Sari Setianingsih, Fine Reffiane

Abstract


Konteks penelitian ini yaitu rendahnya literasi anak pasca pandemi Covid-19 di SD Negeri 02 Penanggungan Kabupaten Banjarnegara. Mahasiswa Kampus Mengajar 6 dan guru mengusung setoran literasi untuk meningkatkan literasi dan jadi sarana konseling. Permasalahan pada penelitian ini yaitu bagaimana peran program setoran literasi dalam membentuk kedekatan emosional guru dan siswa di SD Negeri 02 Penanggungan. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis peran program setoran literasi dalam membentuk kedekatan emosional siswa dan guru di SD Negeri 02 Penanggungan. Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif. Indikator yang dicari adalah kedekatan emosional guru dan siswa melalui dokumentasi, observasi, kuesioner, dan wawancara. Data akhir dianalisis dengan mendeskripsikan dan menelaah nilai kedekatan emosional yang diperoleh untuk menyimpulkan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar siswa kelas VI merasakan kedekatan emosional dengan guru setelah rutin mengikuti setoran literasi. Saran bagi pengajar lain adalah harus mampu mendekatkan diri dengan anak melalui berbagai usaha, misalnya setoran membaca.

Keywords


Setoran Literasi, Kedekatan Emosional, Emosi

References


Abdussamad, Z., & Rapanna, P. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. CV Syakir Media Press. Diakses dari https://books.google.co.id/books?id=JtKREAAAQBAJ

Agustina, Z., Murniati, N. A. N., & Reffiane, F. (2023). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Minat Baca Siswa Kelas III di SDN Peterongan Kota Semarang. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 5356–5369.

Anggraeni, P. R., & Wicaksono, A. (2023). Literacy Strategy For Post-pandemic “Learning Loss" Recovery At SD Negeri Wonokerto 2 Probolinggo. EDUCATUM: Scientific Journal of Education, 1(1 February), 7–12.

Daniel, A. (2022). Mekanisme Emosi—Pelajari dan Kuasai Cara Kerja Emosi Anda. Al Khawarizmi. diakses dari https://books.google.co.id/books?id=h9mEEAAAQBAJ

Didipu, I. (2021). Pelangi Literasi Madrasah. Haura Utama. Diakses dari https://books.google.co.id/books?id=x0hZEAAAQBAJ

Evi, T. (2020). Manfaat bimbingan dan konseling bagi siswa SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 72–75.

Kemdikbud. (2023). Peringkat Indonesia pada PISA 2022 Naik 5-6 Posisi Dibanding 2018. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Diakses dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2023/12/peringkat-indonesia-pada-pisa-2022-naik-56-posisi-dibanding-2018

Shaifudin, A. (2020). Pendekatan Sosio-Emosional Dalam Pembelajaran. EL WAHDAH, 1(1), 15–28.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV Alfabeta.

Suryanti, H. H. S., Jawandi, A., & Widyningrum, R. (2023). Bimbingan dan Konseling Pribadi Sosial. Unisri Press. Diakses dari https://books.google.co.id/books?id=VS-zEAAAQBAJ

Zulfa, I. C., Setianingsih, E. S., & Huda, C. (2023). Analisis Gerakan Literasi Melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Menanamkan Minat Membaca Siswa Kelas V di SDN Tambaksari Kecamatan Rowosari Kabupaten Kendal. Wawasan Pendidikan, 3(2), 735–744.




DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v4i2.19729

Refbacks

  • There are currently no refbacks.