PENERAPAN METODE PEMBIASAAN UNTUK MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN ANAK USIA 5-6 TAHUN TK MUSLIMAT BULOH II

Ema Yulita Mawardah, Agung Prasetyo, Nila Kusumaningtyas

Abstract


Dari hasil observasi TK Muslimat Buloh II permasalahan yang sering terjadi adalah. (1) Tingkat hubungan antara orang tua terhadap disiplin anak lemah, salah satu penyebabnya adalah orang tua belum menerpakan perilaku disiplin karena bekerja dan masih beranggapan bahwa anak belum waktunya menerapkan karakter disiplin, contoh mengantarkan anak terlambat masuk sekolah, bila memang terpaksa terlambat masuk sekolah orang tua lebih baik mengantarkan anak ketemu guru dan menjelaskan mengapa anak. terlambat masuk sekolah. (2) Anak bangun ke siangan, permasalah yang sering terjadi adalah anak tidur larut malam disebabkan ada beberapa anak yang kurang disiplin dalam menerapkan jam tidur, seperti anak menonton tv atau bermain hp dan akhirnya tidur larut malam. (3) Anak marah tidak mau masuk ke sekolah, dikarnakan tidur larut malam, anak jadi kurang istirahat, hal ini menyebabkan anak menjadi mudah atau sering mengantuk sepanjang hari, tidak hanya mengantuk sepanjang hari, suasana hati anak juga cenderung kurang baik, mereka tampak kurang semangat dalam menjalani aktivitas sehingga anak mogok dan tidak mau berangkat ke sekolah.

Keywords


Pembiasaan, Disiplin, Karakter, Anak Usia Dini

References


Anis Ibnatul M, dkk. (2013). Pendidikan Nasionalisme melalui Pembiasaan di SD Negeri Kuningan 02 Semarang Utara. Jurnal: UNES

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang RI Nomor Nomor 20 Tahun 2003. Jakarta: Depdiknas.

Syarbini, Amirulloh. 2014. Model Pendidikan Karakter dalam Keluarga. Jakarta : PT Elex Media Komputindo

Prasanti, Ditha. 2018. Pembentukan Karakter Anak Usia Dini: Keluarga, Sekolah, dan Komunitas, Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 2(1), 13-19

Mustika, D., & Dafit, F. (2019). Analisis pemahaman mahasiswa terhadap nilai karakter bangsa dalam mata kuliah pendidikan karakter. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran

Lestari, A., & Mustika, D. (2021). Analisis Program Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter Jurnal Basicedu, 5(3), 1577-1583

Mustika, D., & Dafit, F. (2019). Analisis pemahaman mahasiswa terhadap nilai karakter bangsa dalam mata kuliah pendidikan karakter. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran

Sugiyono(2018:213) Metode penelitian kualitatif

Wijana, Widarmi D, dkk. 2014. Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka

Talango, S. R. (2020). Konsep perkembangan anak usia dini. Early Childhood Islamic Education Journal, 1(1), 93-107.

Mansur, Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam, Pustaka Pelajar, Jakarta, 2005.

Mulyasa. 2013. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Mustoip, S., Japar, M., & Zulela, M. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter. CV. Jakad Publishing.




DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v4i1.19828

Refbacks

  • There are currently no refbacks.