Pengaruh Media Youtube Riri Cerita Anak Interaktif tentang Cerita Rakyat untuk Meningkatkan Ketrampilan Menyimak di SDN Wates 01 Semarang

Triana Putri Nur Afiffah, Muhammad Aniq Khairul Basyar, Aries Tika Damayani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan media channel YouTube RIRI Cerita Anak Interaktif terhadap keterampilan menyimak siswa kelas V di SDN Wates 01 Semarang. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan desain One Group Pre-test Post-test, melibatkan 27 siswa sebagai subjek penelitian. Instrumen pengumpulan data terdiri dari tes keterampilan menyimak berbentuk uraian dan observasi untuk mengukur respons siswa terhadap media pembelajaran tersebut. Data dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS versi 26, meliputi uji-t dan perhitungan effect size untuk melihat tingkat peningkatan keterampilan menyimak siswa. Hasil analisis menunjukkan penolakan hipotesis nol (H0) dan penerimaan hipotesis alternatif (Ha), dengan nilai sig sebesar 0,012 < 0,05, yang menunjukkan adanya pengaruh signifikan penggunaan media YouTube RIRI Cerita Anak Interaktif terhadap peningkatan keterampilan menyimak siswa. Perbedaan signifikan terlihat dari hasil post-test yang menunjukkan peningkatan rata-rata skor keterampilan menyimak sebesar 14,65 dibandingkan pre-test. Selain peningkatan keterampilan menyimak, siswa juga menunjukkan respons positif terhadap media pembelajaran dengan persentase skor respon sebesar 82%. Temuan ini menunjukkan bahwa media YouTube RIRI Cerita Anak Interaktif efektif dalam menciptakan pengalaman belajar yang menarik dan bermakna, yang berdampak pada peningkatan motivasi dan fokus siswa dalam pembelajaran menyimak. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa penggunaan media YouTube RIRI Cerita Anak Interaktif secara signifikan dapat meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas V SD. Penelitian ini memberikan implikasi pada penggunaan media digital interaktif sebagai alternatif yang efektif dalam pembelajaran, yang dapat mendukung keterampilan berbahasa dan meningkatkan minat siswa terhadap cerita rakyat.


Keywords


Ketrampilan Menyimak, Media Pembelajaran, Youtube

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaraan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Assagaf, S. M. F., Azis, S. A., & Akib, T. (2023). Aplikasi Youtube Kids untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Dongeng Murid Sekolah Dasar. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 2(4), 163-172.

Astori, C. F. R., & Ropiah, O. Pengaruh Media Pembelajaran Youtube terhadap Hasil Menyimak Paguneman di MTs Nurul Falah Durajaya Kelas VII. LOKABASA, 14(2), 142-152

Hafizah, H., Lustyantie, N., & Iskandar, I. (2024). Pemanfaatan Youtube pada Pembelajaran Menyimak Cerita Pendek Bermuatan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 237-247.

Kristanto, M. (2014). Pemanfaatan cerita rakyat sebagai penanaman etika untuk membentuk pendidikan karakter bangsa. Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 59-64.

Kusumaningtyas, D. W., Ngatmini, N., & Ulfiyani, S. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Youtube terhadap Kemampuan Menceritakan Kembali Isi Iklan pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Karangawen Tahun Pelajaran 2023/2024. Simpati: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Bahasa, 2(1), 117-131.

Nurhamidah, D. Pengaruh Media Youtube" RIRI Cerita Anak Interaktif" dalam kemampuan Menyimak Fabel pada Siswa Kelas VII MTs Daarul Hikmah Tahun Pelajaran 2021/2022 (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah jakarta).

Nursafitri, N. (2023). Kemampuan Menyimak Berita melalui Media Youtube pada Siswa Kelas VIII SMPN 4 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 7(2), 346-353.

Mardapi, D. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta: Mitra Cendikia Press.

Muljana, Slamet. (2010). Keterampilan Menyimak dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 6(1), 12-22.

Rivai, A., & Sudjana, N. (2013). Media Pengajaran (Penggunaan dan Pembuatannya). Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Rohani, R. (2017). Meningkatkan kreativitas anak usia dini melalui media bahan bekas. Jurnal Raudhah, 5(2).

Sa'diah, H. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Audio Visual Terhadap Keterampilan Menyimak Cerita Anak Pada Siswa Kelas V MI Al-Hikmah Jakarta (Bachelor's thesis, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan).

Sanjaya, H. W. (2013). Media komunikasi pembelajaran. Prenada Media.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung.

Sudjana, Nana dan Rivai. 2001. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Tambunan, D. M., & Ansari, K. (2023). Pengaruh Media Film Animasi Terhadap Keterampilan Menceritakan Kembali Isi Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan. Jurnal Bima: Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan bahasa dan Sastra, 1(4), 207-219.

Tarigan, Djago. 1986. Keterampilan Menyimak. Jakarta: Karunika

Tarigan, Henry Guntur. (2008). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Angkasa Bandung.




DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v4i2.20734

Refbacks

  • There are currently no refbacks.