METODE DESIGN THINKING PERANCANGAN UI/UX SISTEM INFORMASI BOOKING RUANG MEETING PT MEDQUEST JAYA GLOBAL

Syarif Hidayat Musa, Eka Rini Yulia

Abstract


Pada PT Medquest Jaya Global mengalami beberapa permasalahan terkait booking room meeting yang prosesnya masih dilakukan secara manual, sehingga sering terjadi masalah seperti kehilangan data, bentrok dalam melakukan meeting dan permasalahan lainnya. Setelah penulis melihat permasalahan yang ada, penulis memiliki ide atau gagasan dengan membuat Metode Design Thinking Perancangan UI/UX Sistem Informasi Booking Ruang Meeting PT Medquest Jaya Global agar kedepannya dapat di buat suatu sistem. Tujuan dari ide perancangan sistem UI/UX ini dibuat agar kedepannya dibuat sistem untuk mengurangi permasalahan seperti kehilangan data, bentrok meeting, mencetak laporan meeting dan memudahkan user untuk melakukan booking room meeting secara flexible dan efisiensi dalam penggunaanya. Untuk membuat design tersebut penulis menggunakan tools Figma dan pengujiannya menggunakan tools Maze untuk melakukan testing Perancangan Sistem Informasi UI/UX. Testing tersebut akan di lakukan oleh user dengan hasil yang akan diberikan oleh tools Maze saat melakukan testing sistem yang telah dibuat. Hasil dari perancangan ini menyesuaikan dengan kebutuhan user untuk gambaran sistem yang akan dibuat. Perancangan ini dapat dikembangkan agar menjadi sistem informasi yang lebih baik dan dapat ditambah menjadi aplikasi yang di akses di smartphone untuk lebih memudahkan pengguna.

Keywords


DesignThinking, Perancangan UI/UX, Pemesanan Ruang Rapat

Full Text:

PDF

References


Ar Razi, A., Rizky Mutiaz, I., Pindi Setiawan, dan, Teknologi Bandung Jl Ganesha No, I., Siliwangi, L., Bandung, K., & Barat, J. (2018). PENERAPAN METODE DESIGN THINKING PADA MODEL PERANCANGAN UI/UX APLIKASI PENANGANAN LAPORAN KEHILANGAN DAN TEMUAN BARANG TERCECER. Jurnal Desain Komunikasi Visual, 03(02). http://bit.do/demandia

Benyon, D. (2019). Designing User Experience A guide to HCI, UX and Interaction Design (D. Benyon, Ed.; 4th ed., Vol. 4). Pearson. www.pearson.com/uk

Candra Wardana, F., & Gusti Lanang Putra Eka Prismana, I. (2022). Perancangan Ulang UI & UX Menggunakan Metode Design Thinking Pada Aplikasi Siakadu Mahasiswa Berbasis Mobile. JEISBI, 03, 2022.

Haryuda Putra, D., Asfi, M., & Fahrudin, R. (2021). PERANCANGAN UI/UX MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING BERBASIS WEB PADA LAPORTEA COMPANY. In Rifqi Fahrudin Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan (Vol. 8, Issue 1).

Hidayatulah Himawan, M. Y. F. (2020). Interface User Experience: Vol. Cetakan Pertama (M. Y. F. Hidayatulah Himawan, Ed.; Cetakan pertama). Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UPN Veteran Yogyakarta.

Informatika, S., & Polinema, A. (2020). PENERAPAN METODE DESIGN THINKING PADA PERANCANGAN USER INTERFACE APLIKASI KOTAKKU. SIAP), 2020.

Marlinda, L. (2021). SISTEM PAKAR PERANCANGAN DAN PEMBAHASAN (1st ed., Vol. 1). Graha Ilmu. https://repository.nusamandiri.ac.id/

Sari, I. P., Kartina, A. H., Pratiwi, A. M., Oktariana, F., Nasrulloh, M. F., & Zain, S. A. (2020). Implementasi Metode Pendekatan Design Thinking dalam Pembuatan Aplikasi Happy Class Di Kampus UPI Cibiru. Edsence: Jurnal Pendidikan Multimedia, 2(1), 45–55. https://doi.org/10.17509/edsence.v2i1.25131

Staiano, F. (2022). Designing and Prototyping Interfaces with Figma (F. Staiano, Ed.). Packt Publishing Ltd.

Suhaili Herly Nurrahmi Tri Fajar Yurmama Vikka Isma Liana Putri Politeknik Negeri Media Kreatif, M., & Srengseng Sawah Jagakarsa Jakarta Selatan, J. (2022). Perancangan Tampilan UI/UX Pada Aplikasi Novel Komik (Nomik). https://doi.org/10.46961/jommit.v6i1




DOI: https://doi.org/10.26877/jipetik.v5i1.17185

Refbacks

  • There are currently no refbacks.















JIPETIK (Jurnal Ilmiah Penelitian Teknologi Informasi dan Komputer) Indexed and Include Database on :

    


Copyright of JIPETIK ISSN 2722-953X (online)