MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE FLASH CS6 UNTUK MATERI PERAKITAN DAN INSTALASI PC DI SMK BUDI LUHUR BANGKUANG

Arman Harjono, Nur Khoiri, Wijayanto Wijayanto

Abstract


SMK Budi Luhur Bangkuang merupakan salah satu SMK di Barito Selatan yang menerapkan Kurikulum 2013 sebagai sekolah percobaan penerapan kurikulum 2013 sejak tahun 2013. Untuk sekolah yang menjadi percobaan hendaknya memiliki fasilitas yang memadai. Namun, pada penerapannya Kurikulum 2013 di SMK Budi Luhur Bangkuang sendiri terdapat kendala antara lain 1) fasilitas pendukung implementasi kurikulum 2013 belum memadai seperti belum tersedianya buku panduan materi untuk kurikulum 2013 2) media yang digunakan masih kurang 3) jaringan internet lambat. Sehingga dalam proses belajar mengajar menjadi kurang maksimal penerapannyaUntuk mendapatkan hasil produk, peneliti menggunakan penelitian yang bersifat analisis kebutuhan untuk menguji keefektifan produk, maka dari itu peneliti menggunakan model MDLC. Studi pendahuluan merupakan tahap pertama yang dilakukan dalam penelitian media pembelajaran berbasis adobe flash cs6. Studi pendahuluan juga dapat digunakan dalam membuat acuan penelitian. Hasil dari studi pendahuluan peneliti menetapkan model media pembelajaran interaktif pengembangan produk Media Pembelajaran Berbasis Asobe Flash CS6 untuk Materi Perakitan dan Instalasi PC dengan Menggunakan adalah model MDLC. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dan untuk mendapatkan hasil produk, peneliti menggunakan model MDLC yang terdiri dari enam tahapan yaitu: Consept: menentukan tujuan program dan siapa yang akan mengguankannya. Design: membuat flowchart, story board,dan use case diagram. Material collecting: mengumpulkan bahan berdasarkan kebutuhan media pembelajaran. Assembly: proses perakitan semua material yang telah disiapkan.Testing: pengujian alpha untuk melihat apakah ada kesalahan dalam pembuatan media pembelajaran. Distribution: pada tahap ini media pembelajaran didistrobusikan kepada guru dan siswa SMK Budi Luhur Bangkuang. Pada uji validasi ahli media dapat disimpulkan ahli media 1 dengan rata-rata persentase 81% kriteria “Sangat Layak”, ahli media 2 dengan rata-rata persentase 86% kriteria “Sangat Layak”, dan ahli media 3 dengan rata-rata persentase 90% kriteria “Sangat Layak”. Kemudian untuk hasil keseluruhan validasi ahli media dapat disimpulkan didapatkan rata-rata persentase 86% kriteria “Sangat Layak” untuk digunakan. Pada uji coba terbatas dengan 18 responden siswa kelas X TKJ I SMK Budi Luhur Bangkuang menghasilkan rata-rata pengujian keseluruhan sebesar 94% termasuk kriteria “Sangat Layak” untuk digunakan dan untuk pencapaian hasil belajar siswa secara keseluruhan didapatkan rata-rata 81,11 termasuk kriteria di atas KKM.

Keywords


Media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS6

Full Text:

PDF

References


Arsyam, M., & Tahir, M. Y. (2021). Ragam jenis penelitian dan perspektif. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 2(1), 37-47.

Himmah, F., & Sulaikho, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Dengan Pemanfaatan Ispring Suite Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak. JoEMS (Journal of Education and Management Studies), 5(4), 38-47.




DOI: https://doi.org/10.26877/jipetik.v5i1.18240

Refbacks

  • There are currently no refbacks.















JIPETIK (Jurnal Ilmiah Penelitian Teknologi Informasi dan Komputer) Indexed and Include Database on :

    


Copyright of JIPETIK ISSN 2722-953X (online)