PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE EDUKASI PADA MATERI DASAR JARINGAN KOMPUTER SEBAGAI SARANA BELAJAR MANDIRI SISWA SMK
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran mobile edukasi berbasis Android pada materi Dasar Jaringan Komputer sebagai sarana belajar mandiri bagi siswa SMK. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang mencakup tahap Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Produk dikembangkan menggunakan aplikasi Smart Apps Creator dan divalidasi oleh ahli media dan materi dengan hasil sangat layak. Implementasi dilakukan pada kelas X TKJ di SMK Muhammadiyah 5 Mijen Demak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan sangat praktis digunakan, dengan skor kepraktisan 85,57%. Efektivitas media dibuktikan melalui uji statistik, di mana kelas eksperimen mengalami peningkatan hasil belajar yang signifikan berdasarkan uji paired sample t-test, independent sample t-test, dan uji N-Gain. Kelas eksperimen memperoleh rata-rata N-Gain sebesar 76,70% (kategori efektif), sedangkan kelas kontrol hanya sebesar 28,84% (kategori tidak efektif). Dengan demikian, media mobile edukasi ini terbukti valid, praktis, dan efektif digunakan dalam mendukung pembelajaran mandiri siswa SMK serta mampu meningkatkan pemahaman siswa secara signifikan.
Kata kunci:Mobile Edukasi, ADDIE, Media Pembelajaran, Jaringan Komputer, SMK.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adirakasiwi, A. G. (2018). Peningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa melalui Pendekatan Open-Ended. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i2.1508.
Andi Rustandi, & Rismayanti. (2021). Penerapan Model ADDIE dalam Pengembangan Media Pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda. JURNAL FASILKOM. https://doi.org/10.37859/jf.v11i2.2546.
Apriyani, D. D., & Ramdhan, V. (2022). Desain Pembelajaran Berbasis Android Berbantu Smart Apps Creator (SAC) pada Pelajaran Bermusik. Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset dan Inovasi Teknologi). https://doi.org/10.30998/semnasristek.v6i1.5833.
Fahlevi, R., & Aminatun, T. (2023). Development of Smart Apps Creator Learning Media Using Problem-Solving Learning Models on Global Warming Materials to Improve Critical Thinking and Problem-Solving Ability. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(9), 7221–7230. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i9.4311.
Firmansyah, M., Hendarti, H., Aslimah, A., Hartanto, H., Purwanti, I., & T, T. (2024). Perancangan Infrastruktur Jaringan Komputer dengan Media Transmisi Wired dan Nirkabel Menggunakan Cisco Packet Tracer. MALCOM: Indonesian Journal of Machine Learning and Computer Science, 4(3), 1063–1071. https://doi.org/10.57152/malcom.v4i3.1420.
Hakky, M. K., Wirasasmita, R. H., & Uska, M. Z. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android untuk Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Sistem Operasi. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika. https://doi.org/10.29408/edumatic.v2i1.868.
Hayani, S. N., & Sutama, S. (2022). Pengembangan Perangkat dan Model Pembelajaran Berbasis TPACK terhadap Kualitas Pembelajaran Daring. Jurnal BASICEDU, 6(2), 2871–2882. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V6I2.2512.
Ni’mah, N., & Zutiasari, I. (2023). Development of Learning Media Based on Smart Apps Creator (SAC) to Improve Student Learning Outcomes. 8(2), 143–150. https://doi.org/10.2991/978-94-6463-302-3_18.
Patmah Fatoni, & Mira Rosalina. (2021). Efektifitas Penggunaan Games Edukasi untuk Meningkatkan Kemampuan dan Hasil Belajar Siswa dengan Aplikasi Mobile Learning pada Mata Kuliah Computer Programming. INFORMASI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi). https://doi.org/10.37424/informasi.v13i1.74.
Prasetio, I., & Musril, H. A. (2022). Perancangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Android Menggunakan Smart Apps Creator 3. Jurnal Manajemen Informatika (Jumika), 8(2), 408–423. https://doi.org/10.51530/jumika.v8i2.546.
Qawaqneh, H., Ahmad, F. B., & Alawamreh, A. R. (2023). Emerging Technologies in Learning. International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 18(24), 133–148.
Salmaa. (2023). Instrumen penelitian. Deepublish.
Syahputra, F., Sabrina, E., Tri, R., Fatma, E., & Azzahra, A. (2024). Penggunaan Mobile Learning sebagai Media dalam Proses Belajar Mengajar. 1(2), 789–793. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074.3.
Wahab, A., Junaedi, J., & Azhar, M. (2021). Efektivitas Pembelajaran Statistika Pendidikan Menggunakan Uji Peningkatan N-Gain di PGMI. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.845.
DOI: https://doi.org/10.26877/jipetik.v6i2.24343
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JIPETIK (Jurnal Ilmiah Penelitian Teknologi Informasi dan Komputer) Indexed and Include Database on :
Copyright of JIPETIK ISSN 2722-953X (online)