Kemampuan Siswa Kelas XI SMAN 11 Semarang dalam Menulis Teks Iklan Berbahasa Jawa
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan siswa XI SMAN 11 Semarang dalam menulis teks iklan berbahasa Jawa di SMA Negeri 11 Semarang pada siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPS 1. Dalam kaitannya dengan kegiatan pembelajaran bahasa Jawa siswa diharapkan mampu menguasai keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Namun, dalam mencapai tujuan dalam sebuah pembelajaran, seringkali siswa mengalami kesulitan dan kesalahan khususnya pada keterampilan menulis. Adapun faktor utama yang mempengaruhi siswa dalam kegiatan menulis yakni minimnya literasi siswa yang berakibat pada beberapa masalah lainnya seperti minimnya kosa kata bahasa Jawa yang dimiliki oleh siswa, penggunaan unggah-ungguh basa yang kurang sesuai dengan kaidah bahasa Jawa, dan aspek ejaan yang masih kurang seperti kesalahan dalam penggunaan huruf kapital, dan kesalahan tanda baca seperti titik, koma, tanda seru, tanda tanya dan lain sebagainya.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasi (pengamatan) dan kuisioner atau angket. Setelah dilakukan analisis data, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas XI SMAN 11 Semarang mampu menulis teks iklan berbahasa Jawa walaupun terdapat beberapa siswa yang masih mengalami kesulitan dikarenakan beberapa faktor diantaranya yakni kurangnya penguasaan kosa kata bahasa Jawa dan kurang memahami kaidah penulisan bahasa Jawa yang baik dan benar. Selain itu, dalam hasil penelitian ini dari jumlah keseluruhan 70 siswa terdapat 85,7% atau sebanyak 60 siswa telah tuntas dalam menulis teks iklan berbahasa Jawa dan 14,2% dan sebanyak 10 siswa tidak tuntas dalam menulis teks iklan berbahasa Jawa karena nilai dibawah 75 atau KKM yang telah di tentukan oleh sekolah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Pratiwi, W. E., Anshari, & Hajrah. (2021). Pengaruh Video Iklan Terhadap Kemampuan Menulis Teks Persuasif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sungguminasa. Manifestasi: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1, 47–54.
Pricilia, G. M., & Rahmansyah, H. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Narrative Text Melalui Model Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal. Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Universitas Asahan, 144–151.
Sulastri, E., Alfiah, A., & Sulanjari, B. (2021). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Dialog Sederhana dengan Media Cluecard dalam Pembelajaran Bahasa Jawa Kelas VII F SMP Negeri 1 Ambarawa Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021. JISABDA: Jurnal Ilmiah Sastra Dan Bahasa Daerah, Serta Pengajarannya, 3(1), 38–49. https://doi.org/10.26877/jisabda.v3i1.10240
Waraulia, A. M. (2015). Pengaruh Metode Pengajaran Berbasis Masalah dan Minat Belajar Terhadap Menulis Berita (Eksperimen Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri di Ngawi). Jurnal Widyabastra, 03. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/widyabastra/article/view/2100
DOI: https://doi.org/10.26877/jisabda.v4i1.13500
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 JISABDA: Jurnal Ilmiah Sastra dan Bahasa Daerah, Serta Pengajarannya
JISABDA Indexed by:
Copyright of JISABDA 2715-7563 (media online) and 2715-6281 (media cetak)
JISABDA is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.