Implementasi HOTS dalam Pembelajaran Tembang Macapat di SMK Kota Semarang

Alfiah Alfiah, Bambang Sulanjari, Nanik Setyawati

Abstract


Mata pelajaran Bahasa Jawa adalah mata pelajaran wajib di jenjang pendidikan SD sampai SLTA di Provinsi Jawa Tengah. Salah satu materi dalam kurikulum Bahasa Jawa adalah tembang. Pembelajaran tembang harus sesuai dengan tujuan Kurikulum 2013, yaitu mengembangkan bakat, minat, dan potensi peserta didik agar berkarakter, kompeten dan literat. Tantangan dalam pembelajaran abad 21 dan perubahan kurikulum 2013 menuntut kemampuan pedagogis guru sebagai pengajar untuk lebih mampu mendesain pembelajaran agar lebih menarik dan bermakna, kegiatan belajar mengajar harus diperluas melampui batas-batas ruang kelas. Interaksi siswa dengan lingkungan sekitar mesti diperbanyak dengan berbagai bentuk metodologi. Guru mengalami kendala mengajarkan materi macapat baik secara teknik nembang maupun pengajarannya berdasarkan kurikulum 2013 berbasis HOTS. Kondisi mata pelajaran Bahasa Jawa yang hanya merupakan muatan lokal di Jawa Tengah menyebabkan guru jarang mendapatkan bimbingan teknis dari pemerintah daerah provinsi Jawa Tengah. Tim PKM UPGRIS memberikan solusi dengan mengadakan pelatihan teknik nembang macapat dan pengajarannya. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga bulan, mulai bulan Oktober sampai dengan Desember 2019 dengan 2 kali tatap muka yang dikemas dalam bentuk workshop atau pelatihan dan pendampingan secara daring. Target luaran kegiatan ini adalah peningkatan kompetensi profesional dan pedagogik, artikel prosiding nasional, artikel jurnal nasional, publikasi surat kabar cetak.

Keywords


pembelajaran tembang macapat; HOTS; SMK

Full Text:

PDF

References


Anto, dkk. 2019. Tembang Macapat sebagai Penunjang Pendidikan Karakter. Jurnal Deiksis. Vol.11 Nomor 01. Universitas Indraprasta PGRI.

Arman, Ali. 2016. “Upaya Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran melalui Supervisi Akademik Kepala Sekolah Di SMAN 1 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat” https://ejurnal.stkip-pessel.ac.id/index.php/jmp/article/.../57/33

Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2017. “Kebijakan dan Dinamika Perkembangan Kurikulum 2013”. litbang.kemdikbud.go.id.

Dewantoro, Hajar. 2017. “Kompetensi Guru Abad 21 Sebagai Tuntutan Pembelajaran Guru”. http://silabus.org/kompetensi-guru-abad-21/

Fathorrahman. 2017. Kompetensi Pedagogik, Profesional, Kepribadian, dan ko,petensi Sosial Dosen. Jurnal Akademia Vol .15 No. 1 Februari.

Karsono. 2016. “Peningkatan Kemampuan Guru dalam Menyusun RPP dengan Bimbingan Teknis Kepala Sekolah”. http://www.infopasti.net/peningkatan-kemampuan-guru-dalam-menyusun-rpp-dengan-bimbingan-teknis/

Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah

Purwandaru, Prasetya. “Peningkatan Kemampuan Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran melalui Bimbingan Teknis Kepala Sekolah”. 2016.

Suyawan, Iwan. 2017. “Peningkatan Pembelajaran K13(Penekanan 4c)”. KementerianPendidikan dan KebudayaanDirektorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Wiratama, dkk.2014. Nilai-nilai Tembang Macapat dalam Pembentukan Karakter Bangsa. Artikel Ilmiah Mahasiswa FKIP Universitas Jember.




DOI: https://doi.org/10.26877/jisabda.v2i1.7198

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JISABDA: Jurnal Ilmiah Sastra dan Bahasa Daerah, Serta Pengajarannya



JISABDA Indexed by:

     


Copyright of JISABDA 2715-7563 (media online) and 2715-6281 (media cetak)

Creative Commons License
JISABDA is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View JISABDA: Jurnal Ilmiah Sastra dan Bahasa Daerah, Serta Pengajarannya Stats