PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR

Tria - Setyorini, Finne - Reffiane, Susi - Susanti

Abstract


Abstrak

Yang menjadi latar belakang dalam penelitian ini adalah hasil belajar kognitif siswa kelas V SDN 2 Gadu pada tema 1 yang rendah. Hal ini disebabkan karena guru belum menerapkan model pembelajaran inovatif dan kreatif. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas V SD pada tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Powerpoint. Jenis penelitian yang dilakukan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Data penelitian diperoleh dengan metode observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar kognitif siswa mengalami peningkatan, dapat dilihat dari rata-rata kelas yang diperoleh pada siklus 1 sebesar 74 dengan ketuntasan 46,1%, rata-rata kelas pada siklus 2 sebesar 80 dengan ketuntasan 77%, dan rata-rata kelas pada siklus 3 mencapai 88 dengan ketuntasan 84,6%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Poweroint dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas V SDN 2

Kata Kunci: hasil belajar, problem based learning, powerpoint.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v2i2.13348

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar)