Inovasi Pendidikan di Indonesia
Abstract
Abstrak: Inovasi pendidikan merupakan faktor penting bagi kemajuan prendidikan. Tetapi pendidikan di Indonesia tidak berjalan mulus seperti yang diharapkan. Desentralisasi pendidikan dalam bentuk Manajemen Berbasis Sekolah yang dipercayai dapat meningkatkan relevansi, efisiensi, pemerataan, dan mutu pendidikan. Hal ini terlihat pada kapasitas sekolah yang meliputi empat aspek yaitu: anggaran sekolah, SDM, sarana prasarana sekolah, manajemen sekolah, dan partisipasi orang tua siswa.
References
Aswandi, & Amrazi Zako. (2004). Mutu Hasil Belajar: Telaah Proses Produk.
Laporan Penelitian Pontianak. Education Advocacy Center.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024
Zakso, A. (2010). Inovasi Pendidikan di Indonesia Antara Harapan dan Kenyataan. Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora, 1(1).
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Undang-Undang No.2 Tahun 1989 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta, 1992.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Peraturan Pemerintah No.28 Tahun 1990 Tentang Pendidikan Dasar. Jakarta, 1992.
Koster, W., 2000. Restrukturisasi penyelenggaraan pendidikan: sekolah kapasitas sekolah dalam rangka desentralisasi pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan , 6 , hlm. 26.
DOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v2i1.8683
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar)