Nasionalisme Peserta Didik di Perbatasan Indonesia-Malaysia Melalui Pendidikan Jasmani

Fitriana Puspa Hidasari, Andika Triansyah, Mimi Haetami, Muhammad Fachrurrozi Bafadal, Ahmad Atiq, Wiwik Yunitaningrum

Abstract


Perbatasan merupakan wilayah yang memerlukan perhatian lebih, hal ini karena berbagai masalah muncul dan urgen untuk diselesaikan, salah satu isu yang harus ditangani serius adalah terkikisnya rasa mencintai tanah air Indonesia. Pada dasarnya, nasionalisme dapat ditanamkan dan dipupuk. Prodi Pendidikan Jasmani sebagai lembaga pendidikan yang berupaya ikut berperan melalui mata pelajaran PJOK yang memuat materi permainan tradisional dan dapat dijadikan aktivitas fisik berbasis kearifan lokal yang diharapkan menumbuhkan dan meningkatkan rasa nasionalisme bagi peserta didik. Metode yang digunakan adalah penyuluhan dan gelar permainan khas daerah terkait dengan peran pendidikan jasmani khususnya materi ajar permainan tradisional sebagai media untuk berkontribusi  memberikan penguatan rasa nasionalisme. Hasil dari kegiatan PKM menunjukkan respon positif dari khalayak sasaran melalui kuesioner keberterimaan peserta didik.  Hasil baik tersebut menunjukkan bahwa kegiatan PKM memberikan kemanfaatan bagi masyarakat akademik di perbatasan. Dengan hasil PKM ini dapat disimpulkan bahwa menanamkan dan memupuk rasa nasionalisme melalui mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan memiliki hubungan positif dengan penguatan nasionalisme.


Keywords


Nasionalisme, perbatasan Indonesia-Malaysia, Pendidikan Jasmani

Full Text:

PDF (Bahasa)

References


Dedees, A. R. (2016). Melayu di Atas Tiga Bendera: Konstruksi Identitas Nasionalisme Masyarakat Perbatasan di Kepulauan Batam. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 19(2), 141. https://doi.org/10.22146/jsp.10850

Dubnewick, M., Hopper, T., Spence, J. C., & McHugh, T.-L. F. (2018). “There’s a Cultural Pride Through Our Games”: Enhancing the Sport Experiences of Indigenous Youth in Canada Through Participation in Traditional Games. Journal of Sport and Social Issues, 42(4), 207–226. https://doi.org/10.1177/0193723518758456

Elyta, E., Sofyan, A., Rahman, I., & Nuzulian, U. (2018). Nasionalisme Masyarakat Perbatasan di Kalimantan Barat Indonesia. Mandala, 1(2), 311–322. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33822/jm.v1i2.495

Lavega, P., Alonso, J. I., Etxebeste, J., Lagardera, F., & March, J. (2014). Relationship Between Traditional Games and the Intensity of Emotions Experienced by Participants. Research Quarterly for Exercise and Sport, 85(4), 457–467. https://doi.org/10.1080/02701367.2014.961048

Murdiono, M., Suyato, S., & Arpannudin, I. (2020). Strategi Penguatan Nasionalisme Perbatasan Indonesia. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(2), 34–43. https://doi.org/10.24269/jpk.v5.n2.2020.pp34-43

Paiman. (2013). Kontribusi Pendidikan Jasmani Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 9(2), 134–140. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpji.v9i2.3016

Pic, M., Lavega-Burgués, P., & March-Llanes, J. (2019). Motor behaviour through traditional games. Educational Studies, 45(6), 742–755. https://doi.org/10.1080/03055698.2018.1516630

Sudirjo, E., & Alif, M. N. (2019). Filsafat Pendidikan Jasmani (M. Tatang (ed.); Vol. 1). UPI Sumedang Press. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=orHNDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=pendidikan+jasmani+dapat+meningkatkan+nasionalisme&ots=z_Wb7SzkGF&sig=kHCOeIsoA9GAP6p8RLHy-bJ19cc&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Zurayah, H., & Rosilawati, A. (2019). PENGEMBANGAN MODEL PENDIDIKAN PENGUATAN KEBANGSAAN BAGI ANAK-ANAK WILAYAH PERBATASAN ( Studi Di Desa Aruk Kecamatan Sajingan Kabupaten Sambas ) Helva Zurayah dan Ana Rosilawati IAIN Pontianak Email : [email protected]. Raheema : Jurnal Studi Fender Dan Anak, 6(1), 21–32.




DOI: https://doi.org/10.26877/jpom.v2i2.10023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pengabdian Olahraga Masyarakat (JPOM)

 


Copyright of Jurnal Pengabdian Olahraga Masyarakat ISSN 2808-1358 (Online - Elektronik)

Creative Commons License
Jurnal Pengabdian Olahraga Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.