Penyegaran Guru tentang Asesmen Kompetensi Minimum pada Mata Pelajaran PJOK melalui Pelatihan Berbasis Komunitas Guru

Faridha Nurhayati, Suroto Suroto, Sudarso Sudarso, Heryanto Nur Muhammad, Dwi Lorry Juniarisca, Bayu Budi Prakoso

Abstract


Pemberlakuan Asesmen Nasional (AN) sebagai pengganti Ujian Nasional merupakan kebijakan baru yang perlu didukung dan dikuatkan melalui kesiapan para guru sebagai pelaksana utama di tingkat satuan pendidikan. Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan satu bentuk dari pelaksanaan AN yang diberlakukan untuk semua mata pelajaran di sekolah. Di Mojokerto, sosialisasi tentang AKM terbatas diikuti oleh guru-guru tertentu mengakibatkan kurang meratanya informasi yang diperoleh guru. Untuk itu, tujuan pengabdian ini adalah memberikan penyegaran kepada guru tentang AKM berbasis komunitas guru berupa MGMP Matapelajaran PJOK di kota Mojokerto. Metode pelatihan dilakukan melalui need assessment, penyusunan program pelatihan, pelatihan, dan evaluasi pelaksanaan pelatihan. Need assessment dilakukan dengan cara melakukan diskusi tim PKM bersama perwakilan MGPM PJOK yang membahas materi pelatihan. Disusun materi pelatihan sesuai dengan kebutuhan para guru PJOK. Selanjutnya dilakukan pelatihan secara luring sekaligus dilaksanakan evaluasi pelaksanaan pelatihan sesuai dengan protokol kesehatan. Hasil evaluasi pelaksanaan pelatihan dapat dijelaskan bahwa kualitas pelaksanaan pelatihan masuk dalam kategori baik sekali (4.75) sedangkan dampak pelaksanaan pelatihan masuk dalam kategori baik sekali (4.85). Terbukti bahwa para guru menghasilkan produk berupa soal-soal yang relevan dengan KD dan materi terpilih sesuai dengan karakteristik AKM.

Keywords


asesmen kompetensi minimum; pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (PJOK); komnitas guru

Full Text:

PDF (Bahasa)

References


Aisah, H., Zaqiah, Q. Y., & Supiana, A. (2021). Implementasi Kebijakan Asesmen Kemampuan Minimum (AKM): Analisis Implementasi Kebijakan AKM). Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 1(2), 128–135. https://www.ejournal.stit-alquraniyah.ac.id/index.php/jpia/article/view/25

Anas, M., Muchson, M., Sugiono, S., & Forijati, R. (2021). Pengembangan kemampuan guru ekonomi di Kediri melalui kegiatan pelatihan asesmen kompetensi minimum (AKM). Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 48–57. https://doi.org/10.29303/RENGGANIS.V1I1.28

Khuanwang, W., Lawthong, N., & Suwanmonkha, S. (2016). Development of Evaluation Standards for Professional Experiential Training of Student Teachers. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 217, 878–886. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.02.020

Maksum, A. (2018). Statistik dalam Olahraga. Unesa University Press.

Meriana, T., Murniarti, E., & Dasar Kanaan, S. (2021). ANALISIS PELATIHAN ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(2), 110–116. https://doi.org/10.51212/JDP.V14I2.7

Pedoman Evaluasi Penyelenggaraan Diklat, (2018). https://pta.kemenag.go.id/?mdocs-file=13016

Suroto. (2016). Peran Sekolah dan Perguruan Tinggi dalam Mewujudkan Guru PJOK Profesional yang Pembelajar. Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia (KONASPI) VIII Tahun 2016, 1425–1430. http://seminars.unj.ac.id/konaspi/file/Prosiding KONASPI VIII 2016.pdf

Vangrieken, K., Meredith, C., Packer, T., & Kyndt, E. (2017). Teacher communities as a context for professional development: A systematic review. Teaching and Teacher Education, 61, 47–59. https://doi.org/10.1016/j.tate.2016.10.001




DOI: https://doi.org/10.26877/jpom.v2i2.10205

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pengabdian Olahraga Masyarakat (JPOM)

 


Copyright of Jurnal Pengabdian Olahraga Masyarakat ISSN 2808-1358 (Online - Elektronik)

Creative Commons License
Jurnal Pengabdian Olahraga Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.