Pemberdayaan Instruktur Senam ASIAFI Kab Kendal Melalui Workshop Penggunaan Aplikasi Music Speed Changer Untuk Pembelajaran Senam Aerobik

Donny Anhar Fahmi, Tubagus Herlambang, Purwadi Purwadi, Muh. Isna Nurdin Wibisana, Utvi Hinda Zhannisa

Abstract


Kabupaten Kendal merupakan kabupaten yang memiliki segudang sanggar senam. Sudah banyak instruktur instruktur senam yang berdomisili dan menjadi instruktur di yang tergaabung dalam Asosiasi Instruktur Senam Aerobik dan Fitness Indonesia  di Kabupaten Kendal. Namun dari banyaknya instruktur tersebut, ketika sedang mengajar senam masih sering menggunakan musik yang terlalu cepat/tidak sesuai dengan peserta yang ikut senam. Sehigga pembelajaran senam tidak dapat dilakukan secara maksimal. Oleh karena itu tim pengabdi memberikan workshop penggunaan aplikasi music speed changer untuk pembelajaran senam aerobik di semua tingkatan usia. Metode yang digunakan adalah pemberian materi ajar, praktik download aplikasi, dan praktek penggunaan aplikasi. Luaran dalam pengabdian ini adalah berupa pemberian sertifikat legal kepada peserta sebagai peserta workshop senam aerobic. Kegiatan ini diikuti oleh 50 instruktur senam di Kabupaten Kendal Hasil Uji kinerja menunjukan nilai pretest 71,2 dan hasil postest 85,1 dengan kenaikan 20%. Uji kinerja menggunakan angket tertutup berupa kuesioner pemahaman dan praktikum instruktur senam. Hasil pengabdian ini adalah praktik mengajar senam aerobik dengan menggunakan aplikasi tersebut yang dapat dijadikan ukuran keberhasilan pembinaan instruktur senam aerobik ASIAFI di Kabupaten Kendal, agar instruktur yang dihasilkan benar-benar berkualitas dan mempunyai skill keterampilan untuk dapat bersaing. Pemberian sertifikat sebagai bukti sah yang diberikan kepada instruktur diharapkan tidak disalah- gunakan fungsinya di dalam masyarakat agar dapat bersaing dengan instruktur-instruktur di kota lain


Keywords


instruktur; senam aerobik; aplikasi; ASIAFI

Full Text:

PDF

References


Afandi, A., Laily, N., Wahyudi, N., Umam, M. H., Kambau, R. A., Rahman, S. A., Sudirman, M., Jamilah, Kadir, N. A., Junaidi, S., Nur, S., Parmitasari, A., Nurdiyanah, Wahid, M., & Wahyudi, J. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat (Suwendi, A. Basi, & J. Wahyudi, Eds.; I). Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Diterbitkan oleh: Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan.

Aguiar, L. T. (2020). Effects of aerobic training on physical activity in people with stroke: A randomized controlled trial. NeuroRehabilitation, 46(3), 391–401. https://doi.org/10.3233/NRE-193013

Ansharudin, M. F. (2022). The Influence of Traditional Sports Practice to Improve Agility and Speed Geri Mawashi Kenshi. International Journal of Human Movement and Sports Sciences, 10(4), 862–869. https://doi.org/10.13189/saj.2022.100428

Asy-syamail, M. A., Wibisana, Muh. I. N., & Maliki, O. (2024). The Relationship between Healthy Lifestyle and Physical Fitness in Extracurricular Sports Students 1. Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES) Musamus Journal of Physical Education and Sport, 6(2), 211–218.

Baena-Morales, S. (2020). Sustainability and educational technology— A description of the teaching self-concept. Sustainability (Switzerland), 12(24), 1–20. https://doi.org/10.3390/su122410309

Fahmi, D. A., Royana, I. F., Herlambang, T., Hinda Zhannisa, U., &

Purwadi. (2022). Pelatihan Penjurian Senam Aerobik dan Senam Kreasi Bagi Instruktur Senam di Kabupaten Kendal. Jurnal Pengabdian Olahraga Masyarakat, 3(1), 39–43.

Kaufmann, S. (2022). Energetics of Floor Gymnastics: Aerobic and Anaerobic Share in Male and Female Sub-elite Gymnasts. Sports Medicine - Open, 8(1). https://doi.org/10.1186/s40798-021-00396-6

Schootemeijer, S. (2020). Current Perspectives on Aerobic Exercise in People with Parkinson’s Disease. In Neurotherapeutics (Vol. 17, Issue 4, pp. 1418–1433). https://doi.org/10.1007/s13311-020-00904-8

Sulistyono, J., Sudarsono, S., Tunas, U., & Surakarta, P. (2021). Implementasi Management Cabang Olahraga Para-Bulutangkis NPCI tahun. PROFICIO: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 64–69.

Xiangming, L. (2018). Mobile technology affordance and its social implications: A case of “Rain Classroom.” British Journal of Educational Technology, 49(2), 276–291. https://doi.org/10.1111/bjet.12586




DOI: https://doi.org/10.26877/jpom.v5i2.20587

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Donny Anhar Fahmi, Tubagus Herlambang, Purwadi Purwadi, Muh. Isna Nurdin Wibisana, S.Pd., M.Kes.

 


Copyright of Jurnal Pengabdian Olahraga Masyarakat ISSN 2808-1358 (Online - Elektronik)

Creative Commons License
Jurnal Pengabdian Olahraga Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.