Internalisasi Disiplin Positif Pada Kelompok Kerja Guru Olahraga Kota Palu
Abstract
Perubahan budaya dan gaya hidup generasi Z, yang memerlukan pendekatan baru dalam mendisiplinkan siswa tanpa menggunakan hukuman fisik atau pendekatan militer. Tujuan utama pengabdian ini adalah memberikan pemahaman kepada guru mengenai prinsip disiplin positif sebagai alternatif untuk mengelola perilaku siswa secara lebih humanis, tanpa kekerasan atau penghukuman. Metode yang digunakan meliputi lokakarya dengan teknik coaching yang diawali dengan survey lapangan dan sosialisasi, kegiatan lokakarya serta pendampingan dan evaluasi yang merupakan upaya keberlanjutan hingga tahap implementasi. Lokakarya ini bertujuan untuk mengedepankan pendekatan humanis dalam menindak perilaku siswa, serta mendorong perubahan pola pikir siswa tanpa menggunakan sanksi fisik atau kekerasan. Hasil evaluasi pemahaman guru secara skor rata-rata pada tes awal sebesar 66.47 dan meningkat pada tes akhir sebesar 72.33 sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil pemahaman peserta lokakarya dalam hal ini guru PJOK di Kota Palu mengalami peningkatan mengenai konsep disiplin positif dengan dan telah di implementasikan di sekolah masing-masing. Berdasarkan hal tersebut maka hendaknya ke depan kegiatan dilakukan dengan waktu yang lebih lama sehingga dapat melihat efek terhadap siswa bukan hanya pada tataran implementasi pada guru.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amoreka, J., & Muhakir, H. (2023). 600 Kasus Kekerasan Anak di Sulteng Tercatat pada Desember 2023, Terbanyak di Kota Palu. Tribun Palu. https://palu.tribunnews.com/2023/12/20/600-kasus-kekerasan-anak-di-sulteng-tercatat-pada-desember-2023-terbanyak-di-kota-palu
Asrul, A., Ramadhani, I. A., Marzuki, I., Patmawati, P., & Dewi, A. R. (2023). Pelatihan Literasi Baca Tulis Bermuatan Pendidikan Inklusif Dan Disiplin Positif Bagi Guru Sekolah Dasar. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(6), 6383. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i6.19477
Caterina Lo. (2024). Treatment of Acts of Verbal Violence by Teachers Against Students. International Journal For Multidisciplinary Research, 6(4), 25460. https://doi.org/10.36948/ijfmr.2024.v06i04.25460
Gao, Dr. H., & Tsai, Dr. K. (2024). Charting Sustainable Paths: The Influence Of Sustainable Leadership And Green Innovation On Sustainable Performance In Higher Education Institutions. Educational Administration: Theory and Practice. https://doi.org/10.53555/kuey.v30i4.1458
Hendriana, I. (2022). Guru SD di Morowali Sulteng Dianiaya Orang Tua Siswa, Ketua PGRI Minta Kasusnya Diproses Hukum. VOI. https://voi.id/berita/145295/guru-sd-di-morowali-sulteng-dianiaya-orang-tua-siswa-ketua-pgri-minta-kasusnya-diproses-hukum
Hu, W., & Gan, X. (2017). Practice and Thinking on the Construction of Teaching Psychological Environment Based on Positive Discipline. Proceedings of the 3rd International Conference on Arts, Design and Contemporary Education (ICADCE 2017). 3rd International Conference on Arts, Design and Contemporary Education (ICADCE 2017), Moscow, Russia. https://doi.org/10.2991/icadce-17.2017.133
Irvani, A. I., & Hanifah, H. S. (2024). Sosialisasi Penerapan Disiplin Positif dalam Mewujudkan Merdeka Belajar di Lingkungan Sekolah Dasar. JPM : Jurnal Pengabdjan Masyarakat, 3(2), 394–403. http://dx.doi.org/10.52434/jpm.v3i2.4009
Joseph, B. (2023). Student Violence in Schools – An Emerging Challenge for Educators. 51–64. https://doi.org/10.22492/issn.2187-4743.2023.6
Khairunnisa, K., & Arini, D. U. (2024). Menemukan Self Insight Melalui Coaching dengan Teknik Point of You Bagi Para Guru PKBM Al Qalam Citra Indah Bogor. Jurnal Abdimas Indonesia, 4(3), 907–912. https://doi.org/10.53769/jai.v4i3.922
Pocius, E., & Malinauskas, R. K. (2022). Theoretical Foundations for Education of Positive Behavior Skills Among Young Athletes: A Qualitative Study. European Journal of Contemporary Education, 11(1). https://doi.org/10.13187/ejced.2022.1.148
Popescu, D., Cosma, A. M., Stepan, R., & Cosma, G. A. (2023). The Role and Importance of Physical Exercise on the Aggression Level of High School Students. Bulletin of the Transilvania University of Braşov. Series IX: Sciences of Human Kinetics, 89–96. https://doi.org/10.31926/but.shk.2023.16.65.1.11
Rahmat Tinuke Kamaldeen, Haruna Ibrahim, & Suwaibah Iyabo Giwa. (2023). School Violence Among Undergraduate Students in Kwara State: Implications for Counselling. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 6(3), 405–413. https://doi.org/10.23887/jp2.v6i3.67814
Ramdan Samadi, M., Nurishlah, L., & Mulyani, A. S. (2023). Peran Regulasi Emosi Dalam Profesionalisme Guru. TA’DIB: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 207–217. https://doi.org/10.69768/jt.v1i2.32
Setiawati, R. I., & Shofwan, I. (2023). Implementasi Prinsip Pendidikan Orang Dewasa pada Pelatihan Tata Busana di Satuan Pendidikan Non Formal SKB Ungaran. Lifelong Education Journal, 3(1), 39–59. https://doi.org/10.59935/lej.v3i1.180
Sibanda, L., & Mathwasa, J. (2020). Modelling Positive Behaviour: A Vital Strategy in Instilling Positive Discipline Among Secondary School Learners. Randwick International of Social Science Journal, 1(2), 157–172. https://doi.org/10.47175/rissj.v1i2.56
Sukiman. (2017). Seri pendidikan orang Tua: Disiplin Positif (1st ed., Vol. 1). Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://repositori.kemdikbud.go.id/9731/1/DISIPLIN%20POSITIF%20%28TERBARU%29%203.pdf
Todongi, C. M. (2020). 2 Guru Terduga Penganiaya Siswa SMPN 10 Palu Dituntut Hingga ke Mejahijau. Nuansa Pos. https://nuansapos.com/2-guru-terduga-penganiaya-siswa-smpn-10-palu-dituntut-hingga-ke-mejahijau/
DOI: https://doi.org/10.26877/jpom.v5i2.20867
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Humaedi Humaedi, Andi Saparia, Ikhwan Abduh, Jumain Jumain, Muhammad Usba
Copyright of Jurnal Pengabdian Olahraga Masyarakat ISSN 2808-1358 (Online - Elektronik)
Jurnal Pengabdian Olahraga Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.