PENINGKATAN HASIL PRESTASI BELAJAR IPA TENTANG PEMAHAMAN SIFAT-SIFAT BUNYI DAN KETERKAITANYA DENGAN INDERA PENDENGARAN MELALUI MULTI MEDIA KELAS IV SD NEGERI LARIKAN KECAMATAN DORO KABUPATEN PEKALONGAN
Abstract
Latar Belakang yang tidak dapat diabaikan dalam keberhasilan proses belajar mengajar (PBM) antara lain adalah kurikulum, siswa, fasilitas, sumber belajar, dan media pembelajaran. Dalam pembelajaran Pengetahuan Alam, misalnya, Pemahaman sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran. Tujuan yang diharapkan adalah Meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA tentang Pemahaman sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran melalui penggunaan multimedia. Penelitian ini menggunakan beberapa metode yaitui obervasi, tes, wawancara, dan studi dokumentasi. Tingkat penguasaan siswa terhadap materi masih rendah, terbukti dari 20 siswa kelas, baru 3 siswa yang mencapai penguasaan materi 75 keatas dan tingkat ketuntasan klasikal baru mencapai 15%, sedangkan KKM yang telah ditetapkan 70.Namun di akhir siklus dapat di lihat adanya peningkatan hasil perbaikan yang diperoleh siswa dalam setiap siklus. Melalui penggunaan multimedia, aktvitas siswa dalam pembelajaran semakin meningkat ditandai dengan prestasi siswa 90% dari 20 siswa telah mencapai KKM yang telah ditentukan yaitu 70 .Guru hanya sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran, karena siswa nampak aktif dengan media berupa Piringkaca, piringplastik, piringkaleng, gabus, duatabungkertas,, kelereng dan bola pingpong yang telah di persiapkan , sehingga pengetahuan siswa tentang Pemahamansifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran dapat tercapai dengan prestasi yang memuaskan.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v12i2.13330
Refbacks
Copyright (c) 2022 Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
MALIH PEDDAS (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) Indexed by:
Plagiarism checker by:
Copyright of MALIH PEDDAS Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) ISSN 2088-5792 (Print), ISSN 2580-6513 (Online)
Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Fajar Cahyadi, S.Pd., M.Pd.
Email: malihpeddas@gmail.com