ANALISIS METODE PEMBELAJARAN BEYOND CENTER AND CIRCLE TIME (BCCT) TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA 3-4 TAHUN DI TK MNU MASYITHOH 95
Abstract
ABSTRAK
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah dalam metode pembelajaran Beyond Center and Circle Time (BCCT) terdapat aspek perkembangan yang belum terlihat muncul, baik dari pijakan awal sampai akhir pembelajaran sentra masih dengan intruksi guru.
Fokus penelitian ini adalah bagaimana analisis perkembangan sosial anak dalam pembelajaran BCCT di TK MNU Masyithoh 95 dengan tujuan untuk mendeskripsikan perkembangan sosial anak dalam pembelajaran Beyond Center and Circle Time (BCCT) bersama teman sebayanya.
Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang menggunakan latar alamiah dengan menafsirkan fenomena yang terjadi dan dilakukan dengan cara melibatkan berbagai metode yang ada. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini mendeskripsikan metode pembelajaran Beyond Center and Circle Time (BCCT) dalam perkembangan sosial anak.
Hasil penelitian menunjukan bahwa metode pembelajaran Beyond Center and Circle Time memiliki aspek yang baik dalam perkembangan sosial yaitu aspek kesadaran diri, tanggungjawab diri dan perilaku prososial dalam pembelajaran metode Beyond Center and Circle Time (BCCT) bahwa anak mampu melakukan apa yang dilakukan orang lain dan membangun kerjasama. Perkembangan sosial anak harus dipahami dari pihak orang tua maupun guru agar perkembangan anak lebih muncul. Berdasarkan penelitian ini saran yang di sampaikan adalah bagi guru menciptakan pembelajaran yang menyenangkan sehingga anak memiliki perkembangan sosial yang lebih baik, khususnya dalam metode pembelajaran Beyond Center and Circle Time (BCCT).
Kata Kunci : BCCT. Sosial Emosional
ABSTRACT
The background that drives this research is that in the Beyond Center and Circle Time (BCCT) learning method there are aspects of development that have not yet been seen to emerge, both from the beginning to the end of the center learning still with teacher instructions.
The focus of this study is how to analyze children's social development in BCCT learning at MNU Masyithoh 95 Kindergarten with the aim of describing the social development of children in learning Beyond Center and Circle Time (BCCT) with their peers.
This study uses descriptive qualitative research. Qualitative research is research that uses natural settings by interpreting phenomena that occur and are done by involving various methods that exist. The method of collecting data uses the method of observation, interviews, and documentation. The data validity technique uses triangulation. Data analysis techniques use data reduction, data presentation and conclusion drawing. This study describes the learning method of Beyond Center and Circle Time (BCCT) in children's social development.
The results showed that the Beyond Center and Circle Time learning methods had good aspects in social development, namely aspects of self-awareness, self-responsibility and prosocial behavior in learning the Beyond Center and Circle Time (BCCT) method that children are able to do what others do and build cooperation. Children's social development must be understood from both parents and teachers so that more child development emerges. Based on this research, the suggestion conveyed is for teachers to create pleasant learning so that children have better social development, especially in the Beyond Center and Circle Time (BCCT) learning method.
Keywords: BCCT. Emotional Social
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v8i1.3886
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 PAUDIA : JURNAL PENELITIAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2089-1431 (Print), ISSN 2598-4047 (Online)
Pendidikan Guru PAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Mila Karmila
+62 896-8538-4514
View Jurnal PAUDIA Stats