Upaya Meningkatkan Kemampuan Anak Mengenal Huruf Melalui Permainan Kartu Huruf
Abstract
Abstract
The application of learning has so far been less accepted by children or less interesting so that children ignore it and are not interested. Therefore, the use of interesting methods such as telling stories using letter cards can improve children's reading skills. The purpose of this researcher is to improve children's ability to recognize letters in early childhood through letter cards in the PGRI Serutsadang Kindergarten. The research method used in this research is the Class Action Research (PTK) method which consists of two cycles and each cycle has three meetings. The subjects of this study were group B children in the 2022/2023 school year, which consisted of 20 children. Research data collection techniques, namely through observation, interviews and documentation studies. Based on the results of the study, it was shown that by using letter card games students could participate in the process happily and enthusiastically, they listened and understood well. After using the storytelling method using letter cards, children's reading ability has increased significantly. This can be seen when the children are resting, many children are interested in reading in the reading corner. The percentage of children who know letters is only 5% of children in the pre-cycle, but the frequency of children who know letters increases to 90% of children after being given the letter card game method for 2 cycles
Keywords: Word Cards; Recognizing Letters; Game; Child's Ability;
Abstrak
Kurangnya kemampuan anak dalam mengenal huruf dan menggabungkannnya menjadi suku kata menjadi latar belakang penelitian ini, hal tersebut juga dipengaruhi oleh penerapan pembelajaran masih konvensional kurang menarik sehingga anak-anak mengabaikan dan tidak tertarik. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan anak mengenal huruf pada anak usia dini melalui kartu huruf di TK PGRI Serutsadang. Metoden dalam penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklusnya ada tiga pertemuan. Subjek penelitian ini, yaitu anak kelompok B pada tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 20 orang anak. Teknik pengumpulan data penelitian, yaitu melalui observasi, wawancara serta studi dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan permainan kartu huruf peserta didik dapat mengikuti proses tersebut dengan senang dan antusias, mereka mendengarkan dan memahami dengan baik. Setelah dilakukan metode bercerita menggunakan kartu huruf kemampuan membaca pada anak meningkat, hal ini dapat dilihat ketika anak istirahat, banyak anak yang berminat membaca di pojok baca. Presentase anak yang mengenal huruf hanya ada 5% anak saja pada pra siklus dan meningkat menjadi menjadi 90% anak setelah diberikan metode permainan kartu huruf sebanyak 2 siklus.
Kata kunci: Kartu Kata; Mengenal Huruf; Permainan; Kemampuan Anak
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Sheila, S. R. (2019). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bermain Dengan Media Kotak Pintar
Sumiyah (Mei 2014) dengan judul Upaya Meningkatkan Kemampuan Pengenalan Huruf Pada Anak Melalui Permainan Tebak Kata Pada Kelompok B Di Ra Muslimat Nu Ngluwar
Ana, I. (2020). Upaya Mengembangkan Kemampuan Bahasa Pada Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Metode Bercerita Di Tk Cahaya Bunda Natar Lampung Selatan.
Anwar & Ahmad , A. (2007).Pendidikan anak usia dini. Bandung : Alfabeta.
Arikunto,S. (2006). Penelitian tindakan kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Arisqa, YS. (2019). Pengaruh Media Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Awal Di Kelas A Taman Kanak-Kanak (Tk) Wijaya Kusuma Taman Sidoarjo.
Dona Marlinda (Oktober 2013) dengan judul Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Pohon Huruf Pada Kelompok A di Tk Mafhadhol Tambang Sawah Kabupaten Lebong Propinsi Bengkulu,
Ayu, N. (2019). Peningkat Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Huruf Pada Kelompok B Ditaman Kanak-Kanak Raudlatul Athfal Muslimat Al-Mansur Pertapan Maduretno Taman Sidoarjo.
Aziz,Abdul & Majid , Abdul. ( 2003 ). Mendidik anak lewat cerita. Jakarta: Mustaqim.
Agus, S. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Kelompok B Melalui Permainan Kartu Huruf Di Pendidikan Anak Usia Dini Yabisah Subang Jawa Barat.
Dharma,K,dkk ( 2001 ) Pendidikan Kharakter : Kajian Teori dan Praktik di sekolah. Bandung : Rosda Karya.
Fidya, I. (2019). Penerapan Metode Bercerita Menggunakan Media Wayang Kardus Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Huruf Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tkit Cendekia Darussalam Aceh Besar.
Haryadi. ( 2009 ). Statistik pendidikan. Jakarta : Prestasi Pustaka Raya.
Melly ( 1978 ). Psikologi Pendidikan.Bandung. : Pustaka Bani Quraissy.
Moeslichatoen. ( 1999 ). Metode pengajaran di TK. Jakarta. PT Kineka Cipta.
Mulyasa. (2012). Manajemen PAUD. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Silvi, J. (2019). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Huruf Pada Kelompok B Di Tk Islam An-Nahl Tangerang.
Trisniwati, (2014). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Metode Permainan Kartu Huruf Pada Kelompok B1 Tk Aba Ketanggungan Wirobrajan yogyakarta.
UU RI No 20 tahun 2003. Tentang pendidikan nasional. Jakarta : Depdiknas.
Herdianti, F.(2019).Alat Permainan Edukatif Scrabble Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok B. Jurnal Golden Age
DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v12i1.15681
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Reni Islamiati, Dwi Prasetiyawati Diyah Haryanti, Mila Karmila
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2089-1431 (Print), ISSN 2598-4047 (Online)
Pendidikan Guru PAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Mila Karmila
+62 896-8538-4514
View Jurnal PAUDIA Stats