Analisis Pola Asuh Orang Tua Terhadap Tempramen Anak Usia 4 – 6 Tahun
Abstract
Abstract
The background that drives this researcher is that many children in Dharma Wanita Gunungwulan Kindergarten are found to be temperamental or emotional/angry, this is all due to the wrong parenting, where parents are too understanding of their children in every way, and without any assistance from their parents. when children play. The focus of this research is how parents fight against parenting in TK Dharma Wanita Gunungwulan, with the aim of describing the role of parents in parenting in children. This research uses qualitative research. Qualitative research is a research method used to examine objects according to field conditions without any data. Methods of data collection using the method of observation, interviews, questionnaires or questionnaires. This study describes the parenting pattern of the child's temperament. The results of the study indicate that parenting patterns greatly affect the temperament or emission of children. The busyness of parents that encourages parents to do wrong or inappropriate parenting. Results Based on the research, it is recommended that parents pay more attention to their children, and take care of their children with proper and good parenting
Keywords: Parenting; Child Temperament
Abstrak
Latar belakang yang mendorong peneliti ini adalah banyak dijumpai di TK Dharmawanita Gunungwulan tedapat anak yang memiliki tempramen atau emosi/suka marahi, ini semua disebabkan orang tua yang dalam pengasuhannya salah, dimana orang tua terlalu memaksa anak dalam segalahal, dan tanpa ada damping dari orang tua ketika anak bermain. Fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana perang orang tua terhadap pola asuh anak di T K Dharmawanita Gunungwulan, dengan tujuan untu mendeskripsikan bagai mana peran orang tua terhadap pola asuh pada anak. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif ialah metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada objek yang alamiah sesuai dengan kondisi lapangan tanpa ada manipulasi data.Metode pengumpulan data menggunakan metode Observasi, Wawancara, Kuesioner atau angket dan Teknik analisis data menggunakan miles and hubberman. Penelitiaan ini mendesripsikan tentang pola asuh orang tua terhadap tempramen pada anak. Hasil penelitian menujuan bahwa pola asuh orang tua sangat berpengaruh terhadap tempramen atau emosi pada diri anak. Kesibukan orang tua yang mendorong orang tua melakukan pola asuh yang salah atau kurang tepat. Berdasarkan hasil penelitian disarankan utuk para orang tua supanya lebih memperhatikan anak, dan merawat anak dengan pola asuh yang tepat dan baik.
Kata kunci: Pola Asuh; Tempramen Anak
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Apriastuti, D. A. (2013). Analisis tingkat pendidikan dan pola asuh orang tua dengan perkembangan anak usia 48–60 bulan. Bidan Prada: Jurnal Publikasi Kebidanan Akbid YLPP Purwokerto, 4(01).
Diana, F. M. (2006). Hubungan pola asuh dengan status gizi anak batita di Kecamatan Kuranji Kelurahan Pasar Ambacang Kota Padang tahun 2004. Jurnal Kesehatan Masyarakat Andalas, 1(1), 19-23.
DWI SETYAWATI, A. N. I. K. (2012). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kedisiplinan Anak Di Sekolah Kelompok A Tk Islam Bintang Kecil Gatak Gajahan Colomadu Karanganyar Tahun Ajaran 2011/2012 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Fitri, R. (2017). Metakognitif pada proses belajar anak dalam kajian neurosains. JP (Jurnal Pendidikan): Teori Dan Praktik, 2(1), 56-64.
Khasanah, I., Prasetyo, A., & Rakhmawati, E. (2011). Permainan tradisional sebagai media stimulasi aspek perkembangan anak usia dini. PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1).
Lestari, T. A. T. I. (2017). Implememntasi Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 di TK Negeri Pembina Singkut II Sarolangon. Skripsi. Jambi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Martani, W. (2012). Metode stimulasi dan perkembangan emosi anak usia dini. Jurnal Psikologi, 39(1), 112-120.
Priyanto, A. (2014). Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, (2).
Setiawati, E. (2015). Pengaruh Pola Asuh Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa. Journal of Elementary Education, 4(1), 61-67.
Suharsono, J. T., Fitriyani, A., & Upoyo, A. S. (2009). Hubungan pola asuh orang tua terhadap kemampuan sosialisasi pada anak prasekolah di TK Pertiwi Purwokerto Utara. Jurnal Keperawatan Soedirman, 4(3), 112-118.
Sholihah, A. (2017). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Keagamaan Anak. eL-HIKMAH: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan Islam, 11(1), 21-38.
Vinayastri, A. (2015). Pengaruh pola asuh (parenting) orang-tua terhadap perkembangan otak anak usia dini. Jurnal Ilmiah Widya, 1(1).
Vinayastri, A. (2015). Pengaruh pola asuh (parenting) orang-tua terhadap perkembangan otak anak usia dini. Jurnal Ilmiah WIDYA, 3(1), 33-42.
Wibowo, A. (2016). Hubungan Lingkungan Kampus, Pola Asuh Orang Tua dan Motivasi Berprestasi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. HUMANIKA, 16(1), 33-57.
DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v12i1.15669
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Nela Nivia, Anita Chandra Dewi Sagala, Mila Karmila
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2089-1431 (Print), ISSN 2598-4047 (Online)
Pendidikan Guru PAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Mila Karmila
+62 896-8538-4514
View Jurnal PAUDIA Stats