NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL 99 CAHAYA DI LANGIT EROPA KARYA HANUM SALSABIELA RAIS: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA

Aulia Shery Choriah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu mendiskripsikan d nilai pendidikan dalam novel 99 Cahaya di Langit Eropa karya Hanum Salsabiela Rais dan psikologi kepribadian (Id, Ego, Super Ego) tokoh utama. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif, yang berupa deskripsi narasi bukan angka-angka. Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskritif yaitu data yang bersifat deskriptif sehingga data yang terkumpul berbentuk kata-kata atau gambar. Hasil dari penelitian ini yaitu ditemukan beberapa nilai pendidikan di dalam novel 99 Cahaya di Langit Eropa, antara lain terdapat 52 nilai pendidikan ketuhanan, 26 nilai pendidikan moral, 33 nilai pendidikan sosial, 37 nilai pendidikan budaya, tokoh utama Hanum dalam novel 99 Cahaya di Langit Eropa karya Hanum Salsabiela Rais terdapat 22 wujud kepribadian.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/sasindo.v8i2.6813

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Sasindo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Prodi PBSI FPBS UPGRIS didistribusikan di bawah Lisensi Creative Commons 4.0.

© 20132025, Prodi PBSI FPBS Universitas PGRI Semarang