NILAI MORAL DALAM DONGENG BERGAMBAR “SI KANCIL YANG CERDIK” KARYA GIBRAN AR-RASYID SEBAGAI MUATAN PEMBELAJARAN FABEL UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII SMP
Abstract
Tulisan ini mendeskripsikan nilai moral dalam buku Dongeng Bergambar Si Kancil Yang Cerdik karya Gibran Ar-Rasyid dan bagaimana pemanfaatan nilai moral dalam buku Dongeng Bergambar Si Kancil Yang Cerdik Karya Gibran Ar-Rasyid sebagai muatan pembelajaran fabel untuk peserta didik kelas VII SMP. Penelitian ini termasuk penelitian studi kepustakaan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi dokumentasi pustaka. Studi dokumentasi pustaka dilakukan terhadap dokumen yang berupa arsip-arsip yang berkaitan dengan nilai moral dan teks fabel.Hasil penelitian ini ditemukan sejumlah 75 data. Berdasarkan hasil data tersebut, maka buku Dongeng Bergambar Si Kancil Yang Cerdik karya Gibran Ar-Rasyid dapat dimanfaatkan sebagai muatan pembelajaran fabel untuk peserta didik kelas VII SMP. Khususnya untuk menerapkan penilaian aspek sikap dan perilaku.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/sasindo.v8i2.6815
Refbacks
- There are currently no refbacks.
© 2013–2025, Prodi PBSI FPBS Universitas PGRI Semarang