PENERAPAN MEDIA PETA KONSEP DALAM PEMBELAJARAN MENEMUKAN UNSUR INTRINSIK CERITA AJI SAKA DAN ASAL MULA HURUF JAWA CERITA RAKYAT NUSANTARA PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 2 PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Muhammad Haniful Islam Nuruzzamani

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan unsur intrisnik cerita Aji Saka dan asal Mula huruf Jawa, 2) mendiskripsikan penerapan media peta konsep dalam pembelajaran menemukan unsur intrisnik cerita Aji Saka dan asal Mula huruf Jawa. Hasil penelitian yang dilaksanakan di SMP Negeri 2 Pemalang tahun pelajaran 2019/2020 menggunakan media peta konsep yang dibuat oleh peserta didik, lalu dipresentasikan oleh kelompok lalu dinilai berdasarkan penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan peserta didik. Hasilnya peserta didik lebih baik dalam menerima materi yang diberikan guru serta bersemangat dalam mengikuti pembelajaran, serta dengan adanya media peta konsep peserta didik lebih termotivasi dalam belajar.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/sasindo.v8i2.6816

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Sasindo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Prodi PBSI FPBS UPGRIS didistribusikan di bawah Lisensi Creative Commons 4.0.

© 20132023, Prodi PBSI FPBS Universitas PGRI Semarang