KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PUISI MENGGUNAKAN MODEL THINK TALK WRITE(TTW) BERBASIS MEDIA GAMBAR PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 KERTANEGARA KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN AJARAN 2019/2020
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keefektifan pembelajaran menulis teks puisi menggunakan model Think Talk Write (TTW) berbasis media gambar pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kertanegara Kabupaten Purbalingga Tahun Ajaran 2019/2020.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling dengan populasi penelitian seluruh peserta didik kelas VIII SMP, sedangkan sampelnya adalah kelas VIII D sebagai kelas kontrol dan VIII A sebagai kelas eksperimen yang ditentukan secara acak berdasarkan kelas atau kelompok yang sudah ada disekolah. Teknik pengambilan data penelitian ini yaitu teknik tes dan nontes dengan teknik analisis data normalitas dan homogenitas sebagai uji hipotesis.Perhitungan uji hipotesis didapatkan nilai 𝑡h𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 sebesar 6,7193 setelah itu dibandingkan dengan nilai 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 ,𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 dengan rumus n1-1 = 30-1= 29 dk= 29, taraf signifikan 1% diperoleh 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 2,462 karena 𝑡h𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 >𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 yaitu 6,7193 > 2,462 maka hipotesis alternatif diterima. Dengan demikian dapat dikatakan sangat efektif, bahkan dapat dikatakan sangat signifikan. Berdasarkan perhitungan tersebut dapat dikatakan bahwa penggunaan model Think Talk Write (TTW) sangat efektif dalam pembelajaran menulis teks puisi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kertanegara Kabupaten Purbalingga Tahun Ajaran 2019/2020.Saran yang penulis sampaikan kepada pendidik agar dapat menggunakan model Think Talk Write (TTW) sebagai alternatif dalam pembelajaran menulis teks puisi agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Saran kepada peserta didik yaitu perbanyak berlatih menulis teks puisi.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/sasindo.v8i2.6819
Refbacks
- There are currently no refbacks.
© 2013–2023, Prodi PBSI FPBS Universitas PGRI Semarang