Pemanfaatan E-Learning Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Studi Kasus Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Di Universitas PGRI Semarang
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pandemi covid-19 yang memunculkan berbagai permasalahan khususnya perekenomian di Indonesia yang menjadi merosot dan berakibat pula pada sistem pendidikan maka untuk memutuskan penyebaran covid-19 diberlakukannya pembelajaran jarak jauh atau home learning sehingga mahasiswa diharuskan melaksanakan pembelajaran secara online. Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran bagaimana pemanfatan e-learning terhadap prestasi belajar mahasiswa di Univesitas PGRI Semarang. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah pemanfaatan e-learning terhadap prestasi belajar mahasiswa selama melaksanakan pembelajaran online apakah mampu memuncul perilaku yang positif atau bahkan memunculkan perilaku yang negatif.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa bimbingan dan konseling di Universitas PGRI Semarang sebanyak 3 mahasiswa dan 3 dosen. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukan bahwa pemanfaatan e-learning terhadap prestasi belajar mahasiswa dengan mahasiswa lainnya berbeda-beda, secara keseluruhan dalam pemanfaatan e-learning sebagai media pembelajaran yang paling tinggi presentase nya adalah non-linearty, feedback interactivity, just in time, multimedia-learners dan yang terakhir eassy accesibility. Subjek yang mampu mengelola pemanfaatan e-learning dengan baik akan mampu menunjukan perubahan-perubahan perilaku yang positif dalam proses belajar sedangkan subjek yang belum mampu memanfaatkan e-learning menunjukan perubahan perilaku dalam proses belajar yang negatif.
Saran yang dapat peneliti sampaikan hendaknya mahasiswa maupun dosen lebih sering melakukan interaksi agar terjalin kedekatan sehingga mampu mengatasi permasalahan selama proses pembelajaran online seperti kesulitan pembelajaran atau media yang digunakan dalam proses pembelajaran.
Full Text:
PDFReferences
Agustina, M. (2013). Pemanfaatan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI) ISSN : 1907 - 5022, 1-5.
Chandrawati, S. R. (2010). Pemanfaatan E-Learning dalam Pembelajaran . Jurnal Cakrawala Kependidikan Vol.8 No.2. September 2010 : 101 - 203, 16.
Darliah, L. (2016). Pengaruh Kualitas Informasi Dan Penggunaan E- Learning Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FE UNY dengan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, Volume 5, Nomor 2, Tahun 2016, 8..
Hanum, N. S. (2013). Keefektifan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 3, Nomor 1, 1-12.
Karwati, E. (2014). Pengaruh Pembelajaran Eloktronik (E - Learning) Terhadap Mutu Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Komunikasi Vol.17 No.1, Juli 2014 : 41 - 54, 14.
Mustofa, Ali, Fitriana, S (2014). Pengaruh Layanan Informasi dengan Menggunakan Media Grafis Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Empati Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol.1 No.1 (2014)
Nuryadi, N. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Website E-Learning Pada SMK Respati 1 Jakarta. Jurnal Teknik Komputer Vol 4, No.1, 1-7.
Rosyid, M. Z., Mustajab, & Abdullah, A. R. (2019). Prestasi Belajar. Malang: CV. Literasi Nusantara.
Setyoningsih. (2015). E - Learning Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi. ELEMENTARY Vol. 3 No.1 Januari - Juni 2015, 20.
Suendari, R., & Suparno. (2019). Pengaruh Pemanfaatan E-Learning Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa ( Studi Kasus pada Mahasiswa Jurusan Akuntasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Syiah Kuala). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntasi (JIMEKA) Vol.4, No.4 (2019) Hal 613-617, 5.
Sutiah. (2020). Optimalisasi Fuzzy Topsis ( Kiat Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa). Bandung: CV. Rasi Terbit.
Wijaya, R., Lukman, M., & Yadewani, D. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pemanfaatan E-Learning. DIMENSI, VOL.9 NO.2 : 307 - 322, 15.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright of JSIP (Jurnal Sarjana Ilmu Pendidikan)
ISSN 2985-5012
FIP Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang
Dr. Padmi Dhyah Yulianti, S. Psi., M. Psi. Psikolog
WhatsApp : 089510884896
Email: [email protected]