PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING DAN EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP LOYALITAS DENGAN MEDIASI KEPUASAN PELANGGAN PADA VILLA DIANA BALI

Putu Ayu Titha Paramita Pika

Abstract


Dampak pendemi Covid-19 membuat pariwisata Bali anjlok dan terpuruk. Segala upaya dilakukan untuk menjaga eksistensi usaha dan bertahan hidup khusunya bagi usaha hotal atau villa di Bali. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui faktor-faktor pengaruh loyalitas pelanggan terhadap usaha akomodasi di Bali yaitu melalui experiential marketing dan relationship marketing yang dimediasi oleh kepuasan pelanggan. Lokasi penelitian di lakukan di Villa Diana Bali Legian dengan responden diambil secara purposive sebanyak 89 tamu yang pernah menginap di Villa Diana Bali. Data di ambil dengan penyebaran kuisioner menggunakan skala likert. Analisis datanya dilakukan dengan persamaan structural SEM yang berbantuan program Smart PLS. Hasil penelitian membuktikan variabel experiential marketing dan relationship marketing memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan baik itu secara pasrial ataupun melalui mediasi kepuasan pelanggan. Adapun pengaruh terbesarnya diberikan oleh variabel experiential marketing dengan koefisien jalur sebesar 0,535.

Keywords


Experiential marketing; Kepuasan Pelanggan; Loyalitas Pelanggan; Relationship marketing

Full Text:

PDF

References


Akter, S., Ambra, J. D., & Ray, R. (2017). An evaluation of PLS based complex models: the roles of power analysis, predictive relevance and GoF index. Proceedings of the 17th Americas Conference on Information Systems (AMCIS ’11.

Anggraini, N. S., Adji, S., & Farida, U. (2018). Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Anggota Pada Koperasi Serba Usaha Abdi Jaya Sentosa Di Ponorogo. ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 2(1), 54. https://doi.org/10.24269/iso.v2i1.126

Arikunto. S. (2017). Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Rineka Cipta.

Belinda, F. (2020). International Review of Humanities Studies CULTURE BASED TOURISM STUDY IN NEW NORMAL ERA IN BADUNG DISTRICT International Review of Humanities Studies. 5(2), 524–534.

Fornell, C., & Larcker, D. F. (1981). Structural Equation Models with Unobservable Variables and Measurement Error: Algebra and Statistics. Journal of Marketing Research, 18(3), 382–388. https://doi.org/10.2307/3150980

Hair, J., Sarstedt, M., Hopkins, L., & Kuppelwieser, V. (2014). Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM): An Emerging Tool for Business Research. European Business Review, 26, 106–121. https://doi.org/10.1108/EBR-10-2013-0128

Hair, Joe F., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2011). PLS-SEM: Indeed a silver bullet. Journal of Marketing Theory and Practice, 19(2), 139–152.

Hair, Joseph F., Hult, G. T. M., Ringle, C., & Sarstedt, M. (2016). A primer on partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM). Sage publications. (2nd ed.). SAGE Publications.

Hussein, A. S. (2015). Penelitian Bisnis dan Manajemen Menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan smartPLS 3.0. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya.

Laksmana, I. N. H., Kusuma, I. E. T., & Landra, I. N. (2018). Effect of Customer Relationship Management on Customer Satisfaction and Loyalty at Pt. Harmoni Permata Gianyar, Bali. International Journal of Contemporary Research and Review, 9(03), 1–6.

Mamesah, P. R. E. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Hotel Lucky Inn Manado. Productivity, 1(1), 46–52. https://doi.org/10.52423/bujab.v1i2.9562

Manengkey, V. M., Tumbel, T. M., & Kalangi, J. A. F. (2019). Pengaruh Experiental Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Kebun Strawberry D’MOOAT. Jurnal Administrasi Bisnis, 9(1), 64. https://doi.org/10.35797/jab.9.1.2019.23558.64-71

Maulana, F. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pusat Kebugaran D’Gym Apita Cirebon. Indonesian Journal of Strategic Management, 2(2), 1–10. https://doi.org/10.25134/ijsm.v2i2.1971

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Satryautama, J., & Bernarto, I. (2019). Analysis Of The Effect Of Relationship Marketing And Patients’ Satisfaction On Patients’ Loyalty (A case in X Hospital). Jurnal Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi, 6(3), 213–222.

Sugiarsa, I. P. G. A., Dewi, L. K. C., & Suthanaya, I. P. B. (2018). Pengaruh Service Quality Terhadap Customer Loyalty dengan Customer Satisfaction Sebagai Variable Mediasi (Studi Pada Hotel The Breezes Bali). JUIMA: JURNAL ILMU MANAJEMEN, 8(2), 1–19.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.26877/sta.v5i2.13810

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

POSKOBET POSKOBET POSTOTO787 SUNDA787 SUNDA787 ASIABET777 ASIABET777 KAWAHTOTO EMAS787 link slot gacor slot 10 ribu diamond murah voucher game