STUDI MENGENAI MINAT BELI KONSUMEN ROKOK
Abstract
Abstrak
Salah satu produk yang mengandalkan komponen ekuitas merek untuk bersaing di kategori produknya ini adalah produk rokok dimana pada data yang diperoleh top of mind, yang merupakan tingkatan tertinggi dalam kesadaran merek, yang di adaptasi dari nilai top brand indeks, diketahui bahwa terjadi penurunan top brand indeks pada rokok merek Djarum Super milik PT Djarum selama tahun 2012-2014. Adanya penurunan top brand indeks yang mencerminkan adanya penurunan tingkat kesadaran merek konsumen rokok Djarum Super inilah yang melatarbelakangi penulis untuk meneliti apakah penurunan tersebut mempunyai hubungan dengan naik turunnya minat beli. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah model mengenai dampak asosiasi merek dan kesadaran merek terhadap minat beli rokok Djarum Super. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah konsumen rokok merek Djarum Super dengan minimal konsumsi lebih dari 1 tahun di Kabupaten Kudus dengan sampel sebanyak 75 responden. Berdasarkan hasil oleh data melaui SPSS, maka diperoleh hasil bahwa seluruh variabel independen dapat menjelaskan variabel dependennya dibuktikan dengan tingkat signifikansi sebesar 0%.
Kata Kunci :niat beli; asosiasi merek; kesadaran merek
Abstract
One product that relies on brand equity components to compete in its product category is cigarette products where the data obtained from top of mind, which is the highest level in brand awareness, is adapted from the top brand index value, it is known that there is a decrease in the top brand index on Djarum Super's cigarette brand owned by PT Djarum during 2012-2014. The decline in the top brand index, which reflects the decline in the level of awareness of the Djarum Super cigarette consumer brand, is the background of the authors to examine whether the decline has a relationship with the up and down of buying interest. So the purpose of this study is to develop a model on the impact of brand associations and brand awareness on purchase intention in Djarum Super cigarettes. The population taken in this study is the consumer cigarette brand Djarum Super with a minimum consumption of more than 1 year in Kudus Regency with a sample of 75 respondents. Based on the results by the data through SPSS, the results obtained that all independent variables can explain the dependent variable is proven by a significance level of 0%.
Keywords:purchase intention; brand association; brand awareness
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Aaker, David, (1997), Building Strong Brands, The Free Press, New York
Desi, Arista dan Triastuti Sri Rahayu, (2011), Analisis Pengaruh Iklan, Kepercayaan Merek, dan Citra Merek terhadap Minat Beli Konsumen, Aset, Volume 13 No. 1
Ferdinand, Augusty, (2006), Metode Penelitian Manajemen, Edisi II, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang
Ghozali, Imam, (2005), Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang
Hermawan, Edo et al, (2016), Pengaruh Kesadaran Merek, Asosiasi Merek dan Loyalitas Merek Terhadap Minat Beli Sepatu Nike di Nike Factory Store Surabaya, Jurnal Manajemen BRANCHMARK.
Kotler, (2012), Manajemen Pemasaran, Edisi II, Jilid 2, PT Indeks, Jakarta
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane, (1997), Manajemen Pemasaran, Indeks, Jakarta
Naresh K, Malhotra, (2006), Riset Pemasaran Pendekatan Terapan, Edisi IV, Jilid 2, PT Indeks, Jakarta
Randi. (2016). Pengaruh Citra Merek dan Minat Beli Pada Makanan Fast Food Ayam Goreng. JOM, 3.
Riska Latipah, L. K. F., Rina Masruroh. (2017). Pengaruh Asosiasi Merek, Persepsi Kualitas, dan Gaya Hidup Terhadap Minat Beli Sandal dan Sepatu Bata Cabang Kuningan. Jurnal Bisnis Manajemen dan Informatika, 13 No. 3.
Rangkuti, Freddy, (2004), The Power of Brands, PT Gramedia, Jakarta
Sugiyono, (2017), Metodologi Penelitian, Alfabeta, Bandung
Sekaran, Uma, (2017), Reseach Methods for Business, Salemba Empat, Jakarta
Tjiptono, Fandy, (2005), Pemasaran Jasa, Bayu Media Publishing, Malang
Yanti, Merry Oky Zufi dan Sukotjo Hendri, (2016), Pengaruh Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Aqua, Jurnal Ilmu Riset Manajemen, Volume 5 Nomor 5
www.marketing.com diakses 28 Oktober 2018
DOI: https://doi.org/10.26877/sta.v2i1.4034
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.