KAPABILITAS KOMUNIKASI NEGOSIASI PADA ENTREPRENEUR PRIA DAN WANITA
Abstract
Gender merupakan sebuah kontruksi social yang dilekatkan dalam rangka membedakan maskulin dan feminism. Demikian pula ketika entrepreneur pria dan wanita mengelola dan menjalankan usahanya, akan ada sudut pandang yang berbeda. Pernahkan terbersit dalam pikiran bahwa entrepreneur pria lebih baik dari entrepreneur wanita?. Kegelisahan ini tentunya tidak mudah untuk di jawab tanpa melakukan sebuah kajian yang mendalam. Dari sekian banyak factor yang mengindikasikan adanya perbedaan, komunikasi negosiasi dikaji untuk dievaluasi mengenai ada atau tidaknya perbedaan antara entrepreneur pria dengan wanita. Dengan asumsi bahwa komunikasi negosiasi mendominasi kegiatan proses bisnis. Berangkat dari dugaan tersebut, dilakukan studi ini untuk melakukan kajian ilmiah dengan menggunakan data empiris mengenai komunikasi negosiasi yang dilakukan oleh entrepreneur pria dan wanita. Pengujian komparatif terhadap dugaan sementara dilakukan dengan menggunakan pendekatan Uji independent sample t test. Hasilnya studi ini menunjukkan bahwa memang terdapat perbedaan komunikasi negosiasi yang dijalankan oleh entrepreneur pria dan wanita.
Kata Kunci : komunikasi, negosiasi, entrepreneur, gender
Abstract
Gender is a social construction that is attached in order to distinguish between masculine and feminism. Likewise, when male and female entrepreneurs manage and run their businesses, there will be a different perspective. Have you ever thought that male entrepreneurs are better than female entrepreneurs? This anxiety is certainly not easy to answer without conducting an in-depth study. Of the many factors that indicate differences, negotiation communication is reviewed to evaluate whether there are differences between male and female entrepreneurs. Assuming that negotiating communication dominates business process activities. Departing from these allegations, this study was conducted to conduct a scientific study using empirical data regarding negotiating communication conducted by male and female entrepreneurs. Comparative testing of provisional estimates is carried out using the independent sample t test approach. The results of this study indicate that there are indeed differences in negotiating communication carried out by male and female entrepreneurs.
Keywords : communication, negotiation, entrepreneurship, gender
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/sta.v3i1.6431
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.