PENGARUH SIZE, UMUR PERUSAHAAN TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ukuran perusahaan berpengaruh terhadap tanggung jawab sosial perusahaan, umur perusahaan berpengaruh terhadap tanggung jawab soaial perusahaan, profitabilitas berpengaruh terhadap tanggung jawab sosial perusahaan, ukuran perusahaan berpengaruh terhadap profitabilitas, umur perusahaan berpengaruh terhadap profitabilitas, ukuran perusahaan berpengaruh terhadap tanggung jawab sosial perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel intervening, dan umur perusahaan berpengaruh terhadap tanggung jawab sosial perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel intervening. Penelitian mengambil sampel perusahaan manufaktur sub sektor barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder berupa laporan tahunan perusahaan. Selama periode 2014-2018, terdapat 142 perusahaan manufaktur, dan populasi dalam penelitian ini berjumlah 42 perusahaan. Sampel dipilih dengan teknik purposive sampling, yaitu metode pengambilan sampel yang ditetapkan oleh peneliti sesuai dengan kriteria tertentu sehingga total sampel adalah 19 perusahaan. Data dianalisis dengan menggunakan path analysis. Hasil penelitian meliputi (1) ukuran perusahaan berpengaruh terhadap tanggung jawab sosial perusahaan, (2) umur perusahaan berpengaruh terhadap tanggung jawab soaial perusahaan, (3) profitabilitas berpengaruh terhadap tanggung jawab sosial perusahaan, (4) ukuran perusahaan berpengaruh terhadap profitabilitas, (5) umur perusahaan berpengaruh terhadap profitabilitas, (6) ukuran perusahaan berpengaruh terhadap tanggung jawab sosial perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel intervening, (7) umur perusahaan berpengaruh terhadap tanggung jawab sosial perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel intervening.
Kata Kunci : ukuran perusahaan, halaman perusahaan, tanggung jawab sosial perusahaan, profitabilitas.
Abstract
This study aims to examine whether company size has an effect on corporate social responsibility, company age has an effect on corporate social responsibility, profitability has an effect on corporate social responsibility, company size has an effect on profitability, company age has an effect on profitability, company size has an effect on responsibility social enterprise with profitability as an intervening variable, and company age affect corporate social responsibility with profitability as an intervening variable. The study took a sample of manufacturing companies sub-sector of consumer goods listed on the Indonesia Stock Exchange. The type of data used in this study is secondary data in the form of company annual reports. During the 2014-2018 period, there were 142 manufacturing companies, and the population in this study amounted to 42 companies. Samples were selected by purposive sampling technique, which is the sampling method determined by researchers in accordance with certain criteria so that the total sample is 19 companies. Data were analyzed using path analysis. The results of the study include (1) company size influences corporate social responsibility, (2) company age influences corporate social responsibility, (3) profitability influences corporate social responsibility, (4) company size affects profitability, (5) company age affects profitability, (6) company size affects corporate social responsibility with profitability as an intervening variable, (7) company age affects corporate social responsibility with profitability as an intervening variable.
Keywords : company size, company page, corporate social responsibility, profitability.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Aini, A. K. 2015. Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) Pada Perusahaan yang Terdaftar di Indeks LQ45 Bursa Efek Indonesia (BEI). Skripsi. Universitas Mulawarman. Samarinda.
Ainiyah, F. (2018). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, Profitabilitas, Dan Likuiditas Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Pada Bank Umum Syariah (BUS) Di Indonesia Tahun 2011-2016 Skripsi. (September), 160–164.
Almira, R. (2017). Pengaruh Leverage, Size dan Kepemilikan Manajemen terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure (CSRD). Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.
Andrayani, D. (2016). Pengaruh Profitabilitas, Umur Perusahaan Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Corporate Social Resposibility (CSR) Disclosure (Studi Empiris pada Perusahaan Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2014).
Anisah, H. N. (2018). Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Komite Audit, Ukuran Dewan Komisaris, Profitabilitas, Likuiditas , Profil Perusahaan, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporste Social Resposibility (CSR) Dalam Laporan Tahunan (Studi pada Perusahaan Manufaktur.
Arjanggie, A. R. (2015). Pengaruh Profitabilitas Dan Umur Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Studi Empiris Pada Perusahaan Industri Dasar Dan Kimia Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Diponegoro Journal of Accounting, 4(3).
Brigham, F. Eugene dan Houston, Joel. 2010. Dasar-dasar Manajemen Keuangan: Assetials Of Financial Management. Jakarta: Salemba Empat.
Budiman, N. A. 2015. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. JRAMB, 1(1). ISSN: 2460-1233
Dharmawan Krisna, A., & Suhardianto, N. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 18(2), 119–127.
Ekowati, & Dkk. (2014). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Growth, dan Media Exposure Terhadap Pengungkapan Tanggungjawab Sosial Perusahaan. Simposium Nasional Akuntansi XVII.
Felicia, M., & Rasmini, N. K. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Yang Fakultas Ekonomi Dan Bisnis , Universitas Udayana ( Unud ), Bali , Indonesia Jurusan Ekonomi Dan Bisnis , Fakultas Ekonomi Dan Bisnis , Universitas Pendahulu. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 2.
Kasmir. 2015. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Lina. 2013. “Faktor-faktor Penentu Pengungkapan Modal Intelektual”. Media Riset Akuntansi. Vol. 3. ISSN: 2008-2106.
Nayahita, M. (2018). Aanalisis Pengaruh Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility (Studi Empiris Pada Perusahaan yang Terdaftar pada Indeks LQ 45 Indonesia Tahun 2012-2016).
Niresh, J. Aloy dan T. Velnampy, 2014. “Firm Size and Profitability: A Study of Listed Manufacturing Firms in Sri Lanka”, International Journal of Business and Management, Volume 8 hal 57-64.
Ratih, A. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Growth, Ukuran Perusahaan dan Umur Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Saraswati, Atika Dewi., 2014., “Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Corporate Charitable Contributions., skripsi., Universitas Diponegoro Semarang.
Septiana, Fera dan Astri, Fitria, 2014, “ Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Manufaktur”, Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi, Vol. 3 No. 7.
Siahaan, Uke Marius et, al. 2014. The Influence of Company Size and Capital Structure towards Liquidity, Corporate Performance and Firm Value, for Large and Small Group Companies. European Journal of Business and Management, Vol 6, No. 18.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Viviliana, M. (2016). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan Dan Manajemen Laba Terhadap Pengungkapan Corporate Social Resposibility (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar dalam LQ-45 di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2014).
DOI: https://doi.org/10.26877/sta.v3i2.7784
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.