PENGARUH FASHION INVOLVEMENT DAN SHOPPING LIFESTYLE TERHADAP IMPULSE BUYING MELALUI POSITIVE E-MOTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
Abstract
Impulse Buying merupakan perilaku membeli yang tidak disadari karena adanya pertimbangan unyuk membeli yang terjadi sebelum memasuki toko. Metode kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan sampel dalam studi ini yaitu pelanggan Outlet Biru Yogyakarta sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner skala likert. Teknik analisis yang digunakan yaitu dengan sobel test untuk mengetahui apakah ada hubungan melalui variabel mediasi yang memiliki kekuatan signifikan memediator dalam hubungan tersebut. Hasil penelitian membuktikan bahwa Fashion Involvement berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Positive Emotion, variabel Shopping Lifestyle berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Positive Emotion, variabel Positive Emotion tidak berpengaruh positif secara signifikan terhadap variabel Impulse Buying, variabel Fashion Involvement berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Impulse Buying, variabel Shopping Lifestyle berpengaruh positif dan signifikan terhadap Impulse Buying.
Abstract
Impulse Buying is unconscious buying behavior because of the consideration or purchase intention that was formed before entering the store. The quantitative method used in this study with the sample in this study, namely the customer of Outlet Biru Yogyakarta as many as 100 respondents. The data collection technique used a Likert scale questionnaire. The analysis technique used is the sobel test to determine whether there is a relationship through the mediating variable which has a significant power to mediate in the relationship. The results of the study prove that Fashion Involvement has a positive and significant effect on the Positive Emotion variable, the Shopping Lifestyle variable has a positive and significant effect on the Positive Emotion variable, the Positive Emotion variable does not have a significant positive effect on the Impulse Buying variable, the Fashion Involvement variable has a positive and significant effect on the Impulse Buying variable, the Shopping Lifestyle variable has a positive and significant effect on the Impulse Buying variable.
Keywords:
Fashion Involvement; Impulse Buying; Positive Emotion; Shopping Lifestyle
Full Text:
PDF (Bahasa)References
Andani, K & Wahyono. 2018. Influence Of Sales Promotion, Hedonic Shopping Motivation, and Fashion Involvement Toward Impulse Buying Through A Positive Emotion. Management Analysis Journal. 7 (4).
Andriyanto, D. S., Suyadi, I & Fanani, D. 2016. Pengaruh Fashion Involvement Dan Positive Emotion Terhadap Impulse Buying (Survey Pada Warga Kelurahan Tulusrejo Kecamatan Lowokwaru Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). 31 (1): 42–49.
Andryansyah, M. & Arifin, Z. 2018. Pengaruh Hedonic Motives Terhadap Shopping Lifestyle Dan Impulse Buying (Survei Pada Konsumen Hypermart Malang Town Square Yang Melakukan Pembelian Tidak Terencana). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). 57 (1): 111–118.
Kinasih, I. A. D. & Jatra, I. M. 2018. Peran Emosi Positif Memediasi Pengaruh Fashion Involvement Dan Hedonic Consumption Tendency Terhadap Impulse Buying. E-Jurnal Manajemen Unud. 7 (6): 3258–3290.
Pangestu, I. K. B. A & Santika, I. W. 2019 . Peran Emosi Positif Memediasi Pengaruh Fashion Involvement Dan Hedonic Consumption Tendency Terhadap Impulse Buying. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis universitas Udayana. 8 (3): 287–314.
Dewi, N. R., Suharyono & Kumadji, S. 2015. Pengaruh Fashion Involvemet Dan Kecenderngan Hedonic Consumption Dengan Mediator Emosi Positif Terhadap Pembelian Impulsif Berorientasi Fashion (Survei Pada Pembeli Pakaian Di Mal Olympic Garden Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). 26(2):1–10.
Fauzi, L. U., Welsa, H. & Susanto. 2019. Pengaruh Hedonic Shopping Value Dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Dengan Positive Emotion Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Bisnis Teori dan Implementasi. 10 (1):150–160.
Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Kwan, O. G. 2016. Pengaruh Sales Promotion Dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying Dengan Positive Emotion Sebagai Variabel Intervening Pada Planet Sports Tunjungan Plaza Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran. 10 (1):27–34.
Haq, R. N., Samsudin,A. & Mulia, F. Z. 2019. Analisis Keterlibatan Fashion Dan Gaya Hidup Berbelanja Terhadap Pembelian Impulsif Pada Distro Platt Mars Cabang Kota Sukabumi. Journal of Management and Bussines (JOMB). 86 (3): 411-412.
Hermanto, E. Y. 2016. Pengaruh Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Behaviour Masyarakat Surabaya Dengan Hedonic Shopping Motivation Dan Positive Emotion Sebagai Variabel Intervening Pada Merek Zara. Jurnal Manajemen Pemasaran. 10 (1) : 11–19
Hidayat, R. & Tryanti,I.K. 2018. Pengaruh Fashion Involvement Dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulsive Buying Mahasiswa Politeknik Negeri Batam. Journal Of Applied Business Administration. 2 (2):174 –180.
Imbayani, I. G. A., & Novariani, N. A. 2018. Pengaruh Shopping Lifestyle , Fashion Involvement Dan Positive Emotion Terhadap Impulse Buying Behavior. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis. 3 (2): 199–210.
Indrawan, I,M,A & Sudiksa, I. B. 2019. Pengaruh Store Environment Terhadap Respon Emosi Positif Dan Impulse Buying Yang Dimoderasi Situational Factor. E-Jurnal Manajemen. 8 (4): 2071–2097.
Natalie, A. & Japarianto, E. 2019. Analisis Pengaruh Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Melalui Hedonic Value Di H&M Store Pakuwon Mall Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran. 13 (1): 40–46 .
Sari, N. A. & Indrawati, F. 2018. Pengaruh Shopping Lifestyle Dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Behavior Pada “Butik Kanabini” Di Tenggarong. JEMI. 18 (2) 107- 118.
Nindyakirana, H. R. & Maftukhah, I. 2016. Lingkungan Toko Dampaknya Terhadap Impulse Buying. Management Analysis Journal. 5 (4): 375–888.
Nurlinda, R A, & Christina,D. 2020. Peran Positive Emotion Sebagai Mediator Hedonic Shopping Dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Di Lazada. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT. 5 (1): 231–244.
Puspita, E. M., & Budiarti, A. 2016. Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis Terhadap Pembelian Impulsif Melalui Emosi Positif Pelanggan Vans Store Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. 5: 1–16
Mahadewi, N. P. T., & Sulistyawati, E. 2019. Peran Positive Emotion Dalam Memediasi Pengaruh Product Knowledge Terhadap Impulse Buying. E-Jurnal Manajemen. 8 (9): 5652–5671.
Rahmawati, N, T. 2018. Pengaruh Hedonic Shopping Value Dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Dengan Emosi Positif Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Manajemen Bisnis. 1: 315–326.
Rosyida, S., & Anjarwati, A. L. 2016. Pengaruh Store Atmosfer Dan Promosi Penjualan Terhadap Pembelian Impulsif Dengan Emosi Positif Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Riset Ekonomi Dan Manajemen. 16 (1): 105-127.
Setiadi, I. M. W., & Warmika, I. G. K. 2015. Pengaruh Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Konsumen Fashion Yang Dimediasi Positive Emotion Di Kota Denpasar. E-jurnal Manajemen Unud. 4 (6): 1684–1700.
Sucidha, I. 2019. Pengaruh Fashion Involvement, Shopping Lifestyle, Hedonic Shopping Value Dan Positive Emotion Terhadap Impulse Buying Produk Fashion Pada Pelanggan Duta Mall Banjarmasin. At – Tadbir Jurnal Ilmiah Manajemen. 2: 1–10.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Penerbit alfabeta.
Tambuwun, M. 2016. Shopping Lifestyle as Intervening Relation between Hedonic Motive and Gender on Impulse Buying. International Journal Of Business and Finance Management Research. 4: 9–16.
Ummah, N. M., & Rahayu, S. A. 2020. Fashion Involvement, Shopping Lifestyle dan Pembelian Impulsif Produk Fashion. Jurnal Penelitian Psikologi. 3441 (1995).
Wijaya, A. M., Hufron,M., & Slamet, A. R. 2017. Pengaruh Shopping Lifestyle Dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Behavior (Studi Kasus Pembelian Hijab Pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang). E-Jurnal Riset Manajemen. 000 (2016): 124–135.
DOI: https://doi.org/10.26877/sta.v4i1.7866
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.