PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN BAHAN BAKAR MINYAK JENIS PERTALITE DI SPBU SOEKARNO HATTA SEMARANG
Abstract
Tujuan dari penelitian ini : 1). Untuk menganalisis pengaruh harga terhadap keputusan konsumen dalam menggunakan bahan bakar minyak jenis Pertalite di SPBU Soekarno Hatta Semarang, 2). Untuk menganalisis pengaruh kualitas produk terhadap keputusan konsumen dalam menggunakan bahan bakar minyak jenis Pertalite di SPBU Soekarno Hatta Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli produk Pertalite di SPBU Soekarno Hatta. Penelitian ini menggunakan non-probability sampling yang merupakan teknik pengambilan sampel yang tidak memberikan peluang atau kesempatan yang sama bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk dipilih menjadi anggota sampel dan dilakukan secara sampling, dengan teknik convenience sampling, diperoleh sampel sebanyak 96 data. Teknik analisis yang digunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : 1). Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Pertalite di SPBU Soekarno Hatta, 2). Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Pertalite di SPBU Soekarno Hatta Semarang. Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa harga dan kualitas menjadi hal penting dalam keputusan pembelian produk pertalite.
Abstract
The purpose of this study: 1). To analyze the effect of price on consumer decisions in using Pertalite fuel at Soekarno Hatta gas station in Semarang, 2). To analyze the effect of product quality on consumer decisions in using Pertalite fuel oil at Soekarno Hatta gas station in Semarang. The population in this study are consumers who buy Pertalite products at Soekarno Hatta gas stations. This study uses non-probability sampling which is a sampling technique that does not provide equal opportunities or opportunities for each element or member of the population to be selected as members of the sample and is carried out by sampling, with convenience sampling technique, obtained a sample of 96 data. The analysis technique used is multiple linear regression. The results of the study can be concluded that: 1). Price has a positive and significant effect on purchasing decisions for Pertalite at Soekarno Hatta gas stations, 2). Product quality has a positive and significant effect on purchasing decisions for Pertalite at the Soekarno Hatta gas station in Semarang. From these results, it can be concluded that price and quality are important in purchasing decisions for pertalite products.
Keywords: price, product quality, and purchasing decisions
Full Text:
PDF (Bahasa)References
Amstrong, P. K. (2012). Prinsip - Prinsip Pemasaran (Vol. Edisi 12). Jakarta: Erlangga.
Andreas Purba, P. d. (2015). Pengaruh Kepercayaan, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian BBM Pertalite di Wilayah Puri Kembangan, jakarta Barat. Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia, 3, 1.
Armtrong, g. d. (2004). Dasar Dasar Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press.
assauri, s. (2004). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press.
Budiharja, R. d. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Aqua. Jurnal STIE Semarang, 8, 2.
Garvin, D. (1987). Managing Quality. New York: The Free Press.
Gozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Progam SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Philip Kotler, K. K. (2016). Marketing Manajemen. Inc: Person education.
Riduwan, A. d. (2013). Rumus dan Data Dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta.
Sugiono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Swasta, B. (2010). Manajemen Penjualan. Yogyakarta: BPFE.
Tjiptono, F. (1995). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.
Widarjono, A. (2010). Analisis Statistika Multivariat Terapan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
William, J. S. (2006). Dasar- Dasar Manajemen. Jakarta: Mandar Maju.
DOI: https://doi.org/10.26877/sta.v4i1.8820
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.