PENGEMBANGAN POLYCLINIC MOBILE APPLICATION UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN KESEHATAN PADA MASYARAKAT

Andi Setyadi, E.D. Wuryanto

Abstract


Penggunaan perangkat mobile device semakin populer. Mobile device semakin dilengkapi dengan teknologi hardware dan software canggih. Dengan kinerja (performance) dinamis dan praktis pada mobile device dapat menguasai perkembangan industri dunia ICT (information and communication tehcnology). Software menjadi salah satu ujung tombak keberhasilan mobile device. Penciptaan program aplikasi merupakan terobosan penting dalam perkembangan mobile device [7]. Begitu juga pengembangan Polyclinic Mobile Application dalam penelitian dosen pemula ini untuk memberikan solusi terhadap permasalahan yang ada pada poliklinik di lingkungan PT. Eka Sandang Duta Prima Semarang, yakni belum didukung oleh ICT, sehingga dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat pekerja yang kurang optimal dapat teratasi. Dalam pengembangan Polyclinic Mobile Application ini tidak hanya fitur pendaftaran saja melainkan ada beberapa fitur lain yang dikembangkan seperti; profil poliklinik, jadwal praktek, sistem antrian modern, pencatatan rekam medis, melihat riwayat pasien, mencatat tindakan medis, mencatat obat yang diberikan [11].

Keywords


Poliklinik; Mobile Application; Information and Communication Technology

Full Text:

PDF

References


BUSTANI, N. M., RATTU, A. J., & SAERANG, J. S. M. 2015. Analisis Lama Waktu Tunggu Pelayanan Pasien Rawat Propinsi Sulawesi tara, 3. STIKes Surya Mitra Husada.

LAELIYAH, N., & SUBEKTI, H. 2017. Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Jalan dengan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan di Rawat Jalan RSUD Kabupaten Indramayu Jurnal Kesehatan Vokasional, 1(2), 102–112. https://doi.org/10.22146/JKESVO.27576.

SUKMA, B. A., TENGKU, A. R., ROHMAT, T. 2015. Perancangan dan Implementasi Sistem Antrian Untuk Pasien Pada Dokter Umum Berbasis Android dan SMS Gateway. Jurnal Elektro Telekomunikasi Terapan Juli 2015.

SYED S. S. D., UBEDUR R., MAID S.C. 2018.GSM Based Queue Management Device for OPD. International Research Journal of Engineering and Technology, Volume 5 No 4, Apr-2018.

TORRY, KOESWO, M., & SUJIANTO. 2016. Faktor yang Mempengaruhi Waktu Tunggu Pelayanan Kesehatan kaitannya dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Klinik penyakit dalam RSUD Dr . Iskak Tulungagung Factors Influencing Service Waiting Times in Relation to Internist Clinic Outpatient ’ s Satisfaction, 29(3), 252–257.

YEO S., SURESH S., SITI N. B. S. 2013. Application of Smart Technologies for Mobile Patient Appointment System. International Journal of Advanced Trends in Computer Science and Engineering, Volume 2, No.4, July - August 2013.

Peluang mobile application sebagai salah satu penggerak ekonomi kreatif indonesia Retrived from : https://dkv.binus.ac.id/2014/09/01/peluang-mobile-application-sebagai-salah-satupenggerak-ekonomi-kreatif-indonesia/

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2014, Bab I Ketentuan Umum Pasal 1 Retrived from : https://www.kemhan.go.id/itjen/2017/03/13/peraturan-menteri-kesehatan-republikindonesia-nomor-9-tahun-2014-tentang-klinik.html…

Arti kata poliklinik menutur Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Retrived from :https://kbbi.web.id/poliklinik

Bulletin Jendela Data dan Informasi Kesehatan Semester I, 2016 Retrived from : http://www.pusdatin.kemkes.go.id/resources/download/pusdatin/buletin/Buletin-SIK-2016.pdf.

Pelayanan dengan Aplikasi Klinik Modern Retived from : https://trustmedis.com/aplikasi-klinik/




DOI: https://doi.org/10.26877/jiu.v8i1.7537

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Andi Setyadi



Creative Commons License
Jurnal Informatika Upgris by Program Studi Informatika UPGRIS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.